Shunsuke Kikuchi, Komponis Dragon Ball Z Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 28/04/2021 21:20 WIB
Komponis lagu tema Dragon Ball, Shunsuke Kikuchi, meninggal dunia di usia 89 tahun karena pneumonia. Komponis lagu tema Dragon Ball, Shunsuke Kikuchi, meninggal dunia di usia 89 tahun karena pneumonia. (dok. Toei Animation via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komponis Shunsuke Kikuchi dilaporkan meninggal dunia pada Sabtu (24/4). Ia meninggal saat berusia 89 tahun karena mengidap pneumonia dan dimakamkan secara privat.

Seperti dilansir Oricon, Shunsuke Kikuchi lahir pada 1 November 1931 di Kota Hirosaki, Aomori. Ia debut sebagai komponis dengan membuat lagu tema film Hachininme no Teki pada 1961.

Sepanjang hidup, Shunsuke Kikuchi membuat sejumlah lagu tema untuk anime, serial live-action, dan film terutama untuk hasil produksi Toei dan Shochiku.


Namanya benar-benar dikenal ketika menjadi komponis lagu tema pertama waralaba Kamen Rider Let's Go !! Rider Kick, kemudian lagu pembuka Doraemon, Dragon Ball, Tiger Mask, Dr. Slump, Getter Robo, Grendizer, dan masih banyak lagi.

Menurut laman fandom Dragon Ball, lulusan Nihon University College of Art disebut telah membuat 23 musik berbeda untuk waralaba serial tersebut.

Sepanjang karier, ia pernah menjadi nominasi Japan Academy Prize for Music pada 1983 atas karyanya dalam The Gate of Youth dan To Trap a Kidnapper. Ia juga pernah mendapat Award of Merit dalam Tokyo Anime Awards 2013.

Kikuchi beberapa kali memenangkan piala penghargaan tahunan Japanese Society for Rights of Authors, Composers, and Publishers. Ia juga memenangkan International Awards atas karyanya dalam UFO Robot Grendizer (1983, 1989), Dragon Ball Z (2008, 2015, 2018), dan 2019), dan Doraemon (2010, 2012).

Ia juga mendapatkan Lifetime Achievement Japan Record Awards 2015.

Para penggemar pun sempat meramaikan tagar di Twitter sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Shunsuke Kikuchi.

"Saya kehilangan kata-kata. Saya ingin berterima kasih kepada Shunsuke Kikuchi sebagai bagian dari serial yang membuat saya amat menyukai anime. Terima kasih," ucap penggemar.

"RIP Shunsuke Kikuchi, maestro #DragonBall dan #KamenRider yang meninggal dunia di usia 89. Musikmu akan selalu hidup dan menginspirasi generasi," tulis fan.

(chri/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK