Baekhyun EXO, Mantan Vokalis Band Mentereng Jadi Idol K-Pop

CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 14:10 WIB
Sebelum tenar seperti sekarang, Baekhyun mengawali karier di dunia musik sebagai vokalis utama sebuah band bernama Honshu Sangtae. Baekhyun EXO (Foto: dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggemar boyband EXO atau yang biasa dikenal dengan EXO-L berhasil membuat tagar #weareoneEXO dan #30SexyBaekhyunDay menjadi trending topic di Twitter pada Rabu (6/5).

Rupanya, ini menjadi bagian dari perayaan hari ulang tahun Baekhyun, member boyband EXO yang hari ini mendaftar wamil sebagai pekerja layanan publik.

Baekhyun EXO memiliki kemampuan vokal yang mumpuni. Namun jauh sebelum tenar seperti sekarang, Baekhyun mengawali karier di dunia musik sebagai vokalis utama sebuah band bernama Honshu Sangtae.


Bersama Band ini, Baekhyun berhasil memenangkan festival musik di Bucheon. Dalam proses menjadi penyanyi berkualitas tinggi, Baekhyun pun sempat belajar piano dari Kim Hyun-Woo yakni anggota band rock Korea Selatan, DickPunks.

Berbekal suara merdu dan pernah menjadi penyanyi band, Baekhyun akhirnya mengikuti audisi di SM Entertainment. Setelah melalui seleksi yang ketat, Baekhyun dinyatakan lolos untuk debut sebagai anggota boyband EXO.

Dalam boyband tersebut, Baekhyun bergabung dengan 11 anggota lain yakni Suho, Chanyeol, D.O, Kai, Sehun, Kris, Xiumin, Luhan, Lay, Chen dan Tao. EXO akhirnya debut pada 2012 membawakan single berjudul MAMA setelah melewati proses training panjang.

Single ini juga menjadi nama mini album pertama EXO yang dirilis pada 9 April 2012 dengan 6 lagu yakni Mama, What is Love, History, Angel, Two Moons, dan Machine.

Baekhyun masuk dalam dua sub unit yakni EXO-K dan EXO-CBX. Kedua subunit ini melakukan promosi masing-masing di Korea Selatan dan China.

Tak hanya bergabung dengan EXO, Baekhyun juga masuk sebagai anggota dari boygroup SuperM. Boygroup ini merupakan bentukan SM entertainment yang di dalamnya diisi anggota dari SHINee, EXO, dan NCT.

Selain berkarier dengan EXO, Baekhyun juga menjadi seorang penyanyi solo. Hal itu ia wujudkan dengan merilis mini album pertamanya bertajuk City Lights pada 2019. Album ini terjual lebih dari setengah juta kopi dan menjadi mini album terlaris di Korea Selatan pada tahun 2010-an.

Baekhyun kemudian merilis mini album keduanya, Delight pada 2020. Mini album ini berhasil terjual lebih dari satu juta kopi dan menjadi album solo pertama di Korea Selatan yang berhasil mencapai angka penjualan tersebut dalam 19 tahun.

Berselang setahun, Baekhyun kembali merilis mini album terbaru berjudul Bambi pada 2021. Mini album ketiga ini berisikan enam lagu termasuk title track Bambi.

Tak hanya handal soal olah vokal, Baekhyun juga diketahui piawai dalam hal akting. Selama kariernya di dunia seni peran, ia telah membintangi sejumlah drama yakni To The Beautiful You, Exo Next Door dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

Baekhyun juga sempat menjadi host untuk beberapa acara televisi. Mulai dari Inkigayo, Master Key, dan Five Cranky Brothers.

Berkat segudang keahlian yang ia miliki, Baekhyun akhirnya diganjar dengan sederet penghargaan, antara lain R&B/Soul Terbaik (Dream feat. Suzy) Melon Music Awards 2016, Aktor Terpopuler (TV) Baeksang Arts Awards 2017, dan Artis Pria Terbaik Mnet Asian Music Awards 2019.

(nly/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK