RONA BUDAYA

5 Tarian Nusantara Bercorak Islam

CNN Indonesia | Minggu, 09/05/2021 13:50 WIB
Berikut lima tarian nusantara bercorak Islam, dari Tari Saman hingga Tari Rudat asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tari Saman Aceh di UNESCO International Dance Day. (Arsip KBRI Selandia Baru)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia sangat kaya akan kesenian, tradisi, dan budaya yang dipengaruhi peradaban Islam. Pengaruh Islam dalam kesenian dapat dilihat dalam wujud seni tari. Seperti Tari Saman yang merupakan perpaduan unsur-unsur Islam dan budaya lokal Aceh.

Berikut lima tarian tradisional Indonesia yang bercorak unsur-unsur Islam.

1. Tari Saman (Aceh)

Tari Saman merupakan tarian khas dari Aceh. Tarian ini mulanya adalah sebuah permainan masyarakat Gayo bernama Pok Ane. Setelah masuk Islam di kalangan masyarakat setempat, syair dalam permainan Pok Ane berubah menjadi berisi puji-pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.


Dari sebuah permainan, Pok Ane berubah nama menjadi Tari Saman dan mulai ditampilkan pada acara peringatan acara keagamaan di masa Kesultanan Aceh. Pada perkembangannya, Tari Saman ditampilkan pada acara adat ataupun pada acara penyambutan tamu kehormatan.

2. Tari Rabbani Wahed (Bireuen, Aceh)

Selain terkenal dengan Tari Saman, Provinsi Aceh juga memiliki seni tari lain yang mengandung nafas-nafas keislaman yaitu Tari Rabbani Wahed. Tarian ini berkembang di daerah Bireuen.

Tarian ini mulanya berasal dari Tari Meugrob yaitu tarian budaya Aceh yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Gerak pada Tari Meugrob kemudian yang dimodifikasi oleh T Muhammad Daud Gede pada 1990-an.

Tak hanya itu, syair lagunya juga berganti dengan puji-pujian kepada Allah SWT hingga kini populer dikenal sebagai Tari Rabbani Wahed. Tarian pun tak hanya dimainkan pada malam takbiran Idul Fitri, tapi juga saat proses penyambutan mempelai pengantin pria.

Baca di halaman selanjutnya...

Tari Seudati hingga Tari Rudat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK