This Is America Childish Gambino Dituding Langgar Hak Cipta

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 19:29 WIB
Rapper Kidd Wes, menggugat rapper Childish Gambino alias Donald Glover atas pelanggaran hak cipta pada lagu This Is America. Rapper Kidd Wes, menggugat rapper Childish Gambino atau yang dikenal dengan Donald Glover atas pelanggaran hak cipta. (Angela Weiss / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rapper Kidd Wes, menggugat rapper Childish Gambino alias Donald Glover atas pelanggaran hak cipta. Gugatan itu diajukan setelah lagu This Is America milik Glover ini dinilai mirip dengan lagunya yang berjudul Made In America.

Gugatan terkait dengan pelanggaran hak cipta itu diajukan Kidd Wes ke pengadilan federal di Distrik Selatan New York, Amerika Serikat pada Rabu (5/5) seperti yang diberitakan laman Pitchfork, Kamis (6/5) waktu Amerika Serikat .

Dalam gugatan tersebut, rapper Kidd Wes atau yang bernama asli Emelike Nwosuocha menyatakan ada kemiripan yang substansial antara lagu This Is America milik Glover dengan lagunya yang berjudul Made In America.


Dia mengatakan dua lagu tersebut sama-sama memiliki "irama vokal, penyampaian, ritme, waktu, dan frase vokal yang berbeda dan unik." Nwosuocha juga mencatat bahwa bagian chorus dari kedua lagu tersebut memiliki kemiripan.

Tak hanya itu, Nwosuocha bahkan menyebut lirik lagu lagu This Is America milik Glover dengan lagunya yang berjudul Made In America sangat mencolok hingga tidak bisa disebut dengan kebetulan. Ia menilai kemiripan itu bahkan bisa dikenali oleh orang awam.

Dalam gugatan ini Nwosuocha menuntut ganti rugi karena dugaan pelanggaran hak cipta oleh Donald Glover menyebabkan dirinya kehilangan keuntungan dan peluang. Ia menuduh Glover dan rekan penulisnya meraup ratusan juta dolar dari penjualan lagu This Is America.

Dalam gugatan ini, Nwosuocha ini juga melaporkan label Childish Gambino, RCA, Roc Nation, dan Young Thug yang menjadi penyanyi latar pada lagu tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Donald Glover menghadapi gugatan pelanggaran hak cipta atas lagu This Is America. Pada 2018, blogger hip-hop Akademiks menuduh lagu tersebut mirip dengan lagu American Pharaoh yang dipopulerkan oleh rapper Jase Harley.

Namun, Harley mengaku tidak berminat menempuh jalur hukum atas dugaan pelanggaran hak cipta terhadap Childish Gambino.

Sementara itu, lagu This Is America merupakan salah satu lagu hit yang berhasil mengantar Donald Glover membawa pulang piala Song of The Year di ajang Grammy Awards 2019. Kemenangan ini menandai kali pertama lagu rap menjadi pemenang pada kategori bergengsi tersebut di ajang Grammy Awards.

[Gambas:Youtube]



(nly/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK