Ahmad Dhani Singgung Bipang Ambawang soal Persiapan Lebaran

tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 10:14 WIB
Viral ajakan Presiden Joko Widodo membeli hidangan Bipang Ambawang rupanya turut mengundang komentar sejumlah selebriti, salah satunya Ahmad Dhani. Viral ajakan Presiden Joko Widodo membeli hidangan Bipang Ambawang rupanya turut mengundang komentar sejumlah selebriti, salah satunya Ahmad Dhani. (Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Viral ajakan presiden Joko Widodo membeli Babi Panggan (Bipang) Ambawang sebagai jajan Lebaran atau Idulfitri juga direspons oleh musisi Ahmad Dhani.

Pernyataan tersebut bermula ketika Dhani menghadiri acara perilisan film sang anak, Dul Jaelani berjudul Tak Sendiri, Senin (10/5) di Jakarta. Dhani hadir ditemani sang istri, Mulan Jameela.

Kala itu, seorang awak media menanyakan perihal persiapan Dhani dan keluarga menjalani Hari Raya Idulfitri nanti.


"Yang jelas kita nggak pesan bipang," ucap Dhani. "Yang pasti kita enggak makan itu (bipang)," lanjutnya.

Makanan bipang sendiri menjadi perbincangan sejak viral pidato presiden Joko Widodo yang mengajak masyarakat memesan Bipang Ambawang khas Pontianak, Kalimantan Barat.

Menurut Jokowi, karena pemerintah melarang mudik, jajanan khas yang biasanya menjadi oleh-oleh saat lebaran bisa dibeli secara daring.

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Palembang, bipang Ambawang Kalimantan dan lain-lain tinggal pesan dan makanan kesukaan akan sampai di rumah," kata Jokowi dalam sebuah video pidato yang tersebar di media sosial.

Tak hanya Dhani, musisi lainnya, Iwan Fals juga sempat mengomentari riuh soal Bipang ini. Melalui Twitter, Iwan ikut menyimak dan mengomentari berita CNNIndonesia.com yang berjudul Jokowi 'Endorse' Bipang Ambawang, Pedagang Kebanjiran Pesanan, per Minggu (9/5).

Berita itu memuat pengakuan salah satu pemilik restoran Babi Panggang Ambawang di Kubu Raya, Deky Junaedi, dagangannya laris manis usai kegaduhan itu.

Deky menyebut penjualannya melejit hingga dua kali lipat sehingga kebanjiran pemesanan masakan khas Kalimantan Barat itu dari toko daring miliknya.

Iwan Fals pun mengunggah berita di akun Twitter soal pemilik restoran Bipang Ambawang yang laris manis. Ia juga menuliskan komentar di unggahan gambar tersebut.

"Alhamdulillah, rejeki nomplok bagi yang menggemarinya," tulis Iwan Fals mengomentari berita tersebut.

Di tempat lain, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meluruskan soal ajakan Presiden belanja Bipang Ambawang, makanan khas daerah secara daring. Pernyataan itu dianggap janggal karena merujuk singkatan babi panggang, kuliner khas Kalimantan Barat.

Lewat akun Youtube Kementerian Perdagangan, Lutfi meminta masyarakat untuk melihat pernyataan Jokowi secara lebih luas. Lutfi menyebut pernyataan Kepala Negara ditujukan untuk seluruh masyarakat yang beragam suku, budaya, serta agama.

"Berkaitan dengan pernyataan tentang Bipang Ambawang, yang pertama kita harus melihat dalam konteks keseluruhan pernyataan Bapak Presiden ada dalam video yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal," kata Lutfi pada Sabtu (8/5).

Berita lengkapnya bisa dibaca di sini.

(tim/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK