Adegan BTS-Lady Gaga di Friends The Reunion Dihapus di China

CNN Indonesia | Sabtu, 29/05/2021 12:09 WIB
Beberapa bagian yang dihapus dari penayangan Friends: The Reunion adalah BTS, Lady Gaga, Justin Bieber, serta adegan-adegan yang dianggap mengandung LGBTQ+. Beberapa bagian yang dihapus dari penayangan Friends: The Reunion adalah BTS, Lady Gaga, Justin Bieber, serta adegan-adegan yang dianggap mengandung LGBTQ+. (Tangkapan Layar Twitter/@BIGHIT_MUSIC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penampilan singkat BTS dalam Friends: The Reunion dihapus dari layanan streaming di China. BTS menjadi satu dari beberapa bintang tamu yang bagiannya dihilangkan dari reuni para bintang serial Friends tersebut.

Beberapa bagian yang dihapus dari penayangan Friends: The Reunion adalah BTS, Lady Gaga, Justin Bieber, serta adegan-adegan yang dianggap mengandung LGBTQ+. Tak hanya itu, adegan Joey (Matt LeBlanc) yang hanya mengenakan pakaian dalam juga disensor bahkan dihapus.

Hal tersebut dilakukan tiga layanan streaming terbesar di China yakni iQiyi, Youku dan Tencent Video. Sehingga, sekitar enam menit hilang dari episode spesial yang berdurasi 1 jam 43 menit tersebut.


Beberapa warganet kecewa dengan langkah tersebut, "Apakah kami kembali ke Dinasti Qing yang terisolasi dari dunia luar?" komentar salah satu netizen di Weibo seperti dilansir Variety.

Namun, banyak warganet yang mendukung hal tersebut. Mereka setuju untuk menghapus adegan-adegan dengan sosok yang pernah memfitnah China.

Pada 2020, banyak warga China yang kecewa dan marah kepada BTS. Hal itu berawal dari Pidato BTS saat menerima anugerah Van Fleet Award atas kontribusi mereka dalam hubungan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Warga China menilai BTS tidak menghargai negara mereka dan mencerminkan sikap sepihak. Melalui Weibo, platform media sosial terbesar di China, para pengguna meramaikan tagar dan unggahan kekecewaan terhadap BTS dan mengancam akan memboikot merek-merek yang berafiliasi dengan anak asuh Big Hit Entertainment tersebut.

Sementara itu, Justin Bieber mendapat kecaman sejak 2014 karena mengambil gambar saat berkunjung ke kuil perang Yasukuni yang kontroversial di Tokyo, situs untuk menghormati penjahat perang dalam Perang Dunia II.

Pada 2017, Biro Kebudayaan Kota Beijing secara resmi melarang Bieber tampil di sana dengan dasar serangkaian perilaku buruk baik di atas atau di luar panggung.

Sedangkan China bermasalah dengan Lady Gaga setelah penyanyi Bad Romance itu bertemu Dalai Lama pada 2016. Kala itu, ia bertemu untuk membahas belas kasih.

China kemudian menuding penerima Hadiah Nobel Perdamaian tersebut sebagai separatis berbahaya.

Keputusan itu membuat banyak penggemar memilih mengunggah Friends: The Reunion secara ilegal supaya bisa menyaksikannya secara utuh tanpa ada yang dihapus atau disensor.

(chri/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK