Sutradara Buka Suara Perihal Jenis Kelamin Loki

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 17:17 WIB
Sebuah cuplikan serial Loki menunjukkan sebuah berkas di mana jenis kelamin Loki tertulis 'fluid', bukan pria maupun wanita. Serial Loki (Foto: Tangkapan Layar Youtube Marvel Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu cuplikan serial Loki menjadi perbincangan publik kala sebuah adegan menampilkan berkas identitas Loki (Tom Hiddleston). Di sana, jenis kelamin Loki tertulis 'fluid', bukan pria maupun wanita.

Lantas, terjadi perdebatan dan diskusi terkait hal tersebut, banyak yang mengaitkan hal tersebut dengan kampanye LGBTQ+ di dunia nyata.

Tim produksi buka suara dan menjelaskan perihal jenis kelamin atau gender 'fluid' dalam cuplikan trailer tersebut. Ia menyebut sengaja menunjukkan hal tersebut untuk menunjukkan keberadaan genderfluid.


Istilah genderfluid sendiri mengacu pada keyakinan seseorang bahwa dirinya memiliki berbagai macam jenis kelamin atau gender, dan bisa berganti seiring waktu.

Sutradara serial, Kate Herron merasa penting untuk mengenalkan istilah dan keberadaan genderfluid.

"Saya akan katakan bahwa setiap detilnya ditandai, dan itu (genderfluid) adalah sesuatu yang diakui," ujar Herron pada Insider.

"Dia (Loki) adalah genderfluid dalam mitologi Norse dan komik, rasanya seperti hal yang penting," lanjutnya.

Dalam cuplikan singkat yang dirilis Marvel jelang penayangan perdanan serial Loki, terlihat Loki tengah berkomunikasi dengan Mobius (Owen Wilson), seorang agen TVA.

Mobius tengah mencoba mempelajari dan mengenali Loki secara detil, hingga sebuah gambar menunjukkan berkas identitas Loki, di mana terdapat tulisan 'fluid' dalam kolom jenis kelamin atau gender.

Sebagai pemeran Loki, Tom Hiddleston mengaku telah mengetahui hal tersebut sejak pertama kali berperan sebagai Loki di rangkaian film Marvel Cinematic Universe.

Ia mendukung hal tersebut dan menyatakan bahwa dirinya serta tim produksi bertanggung jawab penuh atas keputusan tersebut.

"Keluasan dan jangkauan identitas yang terkandung dalam karakter telah ditekankan, dan merupakan sesuatu yang selalu saya sadari ketika saya pertama kali ditunjuk, 10 tahun yang lalu," ujar Tom.

"Dan kami sangat sadar, ini adalah sesuatu yang kami rasa harus bertanggung jawab," lanjutnya.

Loki merupakan tokoh penjahat bagian dari Marvel Cinematic Universe. Serial Loki telah tayang perdana di Disney+ sejak 9 Juni 2021.

(fjr/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK