Episode Terbaru Menjawab Orientasi Seksual Loki

adp, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 16:00 WIB
Gender dan orientasi seksual tokoh Loki menjadi pertanyaan dan perbincangan usai tertulis 'fluid' dalam satu adegan di teaser. Loki (Foto: (dok. Marvel Studios/Walt Disney Pictures via IMDb))
Jakarta, CNN Indonesia --

Episode ketiga serial Loki yang berjudul Laments mengonfirmasi orientasi seksual Loki sebagai biseksual yang sempat menjadi pertanyaan. Dalam episode itu ada dialog antara Loki (Tom Hiddleston) dengan Sylvie (Sophia Di Martino).

Sebagaimana dilansir NME, Loki dan Sylvie membahas sejarah hubungan asmara di masa lalu. Kemudian Sylvie bertanya kepada Loki siapa saja orang yang pernah menjalin hubungan dengannya.

"Pasti akan.. mengencani.. seorang putri atau mungkin pangeran," kata Sylvie.


Loki menjawab dengan menyiratkan memiliki hubungan dengan pria dan wanita di masa lalu, "Sedikit dari keduanya, saya dianggap sama seperti kamu."

Sylvie sendiri dikisahkan sebagai wanita yang merupakan salah satu wujud lain Loki dalam Loki Variant. Hal tersebut terjadi setelah Loki melakukan perjalanan ruang dan waktu menggunakan Tesseract.

Sebelumnya, gender Loki menjadi perbincangan setelah Marvel Studios merilis video promo. Dalam video itu gender Loki tertulis fluid alias tidak eksklusif bergender biner laki-laki atau perempuan.

"(Gender Loki) Selalu seperti itu dalam mitologi (Nordik). Hal itu sudah ada di komik yang diterbitkan selama lebih dari 60 tahun oleh Marvel," kata Hiddleston, dilansir Reuters.

Menurutnya, Loki merupakan karakter dengan identitas dengan cakupan yang sangat luas. Dengan begitu Loki tidak bisa digambarkan sebagai karakter yang masuk dalam pembagian tertentu, termasuk soal gender.

Sutradara Kate Herron juga memberikan penjelasan terkait identitas gender Loki yang tidak eksklusif atau genderfluid. Menurutnya, genderfluid sudah sesuai dengan sosok Loki yang berasal dari mitologi Nordik.

Istilah genderfluid mengacu pada keyakinan seseorang bahwa dirinya memiliki berbagai identitas gender dan bisa berganti seiring waktu. Oleh karena itu genderfluid tidak bisa dikategorikan sebagai gender biner.

Serial Loki memperlihatkan kehidupan Loki setelah melarikan diri dari diri dari Avengers dalam film Avengers: Endgame (2019) menggunakan Tesseract. Seketika perjalanan itu membawa Loki ke gurun pasir yang asing baginya.

Ia sempat bingung dengan tempat itu sebelum ditangkap dan dibawa ke markas Time Variance Authority (TVA), organisasi yang menjaga sekaligus mengelola multi-semesta dari ancaman yang bisa membahayakan seluruh realitas yang ada.

(adp/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK