Iwan Fals soal Antre Penguburan Jenazah Covid-19: Bukan Main

adp, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 15:40 WIB
Kasus Covid-19 di Indonesia tengah mengalami kenaikan yang signifikan. Bahkan, tambahan kasus harian cetak rekor dengan capai di atas 15 ribu. Iwan Fals (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi Iwan Fals mengomentari berita antrean penguburan jenazah Covid-19 yang terjadi dalam beberapa hari belakangan. Komentar itu ia sampaikan lewat akun Twitter pribadi.

Ia mengunggah foto siaran televisi yang membuat gambar penguburan jenazah Covid-19. Terlihat sebanyak enam orang pengubur yang mengenakan alat pelindung diri memasukkan peti ke liang kubur.

"Bahkan untuk dikuburpun perlu antri, pembuat peti mati & penggali kubur kewalahan ketiban rejeki...bukan maen dah...," tulis pria yang memiliki nama asli Virgiawan Listianto ini.


Diketahui, Indonesia mengalami lonjakan kasus positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Dalam empat minggu terakhir enam provinsi di Pulau Jawa menjadi penyumbang tertinggi kenaikan kasus di Indonesia.

Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah mengoptimalkan PPKM kabupaten/kota maupun PPKM Mikro. Pimpinan daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, khususnya di Pulau Jawa, harus terbiasa mengamati situasi terkini dengan membaca data secara baik.

"Jadikan data sebagai basis pengambilan kebijakan penanganan Covid-19 sehingga kebijakan yang dihasilkan dapat tepat sasaran dan mampu mengendalikan lonjakan kasus," jelas Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

Penambahan kasus harian positif Covid-19 mendapai lebih dari 10 ribu dalam tujuh hari terakhir. Bahkan pada 23 Juni kemarin Indonesia kembali mencetak rekor baru dengan 15.308 kasus positif dalam sehari.

Dengan tambahan tersebut, akumulasi kasus positif di Indonesia menjadi 2.033.421. Dari jumlah itu, 1.817.303 orang dinyatakan sembuh dan 55.594 lainnya meninggal dunia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menolak memberikan prediksi akhir pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Ia hanya menegaskan, pemerintah semaksimal mungkin berupaya untuk menghentikan laju penyebaran virus corona.

(adp/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK