Legenda Jazz Indonesia Benny Mustafa Meninggal Dunia

tim, CNN Indonesia | Jumat, 02/07/2021 12:55 WIB
Legenda Jazz Indonesia Benny Mustafa meninggal dunia pada usia 81 tahun, Jumat (7/2). Legenda Jazz Indonesia Benny Mustafa meninggal dunia pada usia 81 tahun, Jumat (7/2). (Tangkapan Layar Instagram/@bennymustafavd)
Jakarta, CNN Indonesia --

Legenda jazz Indonesia Benny Mustapha Van Diest atau Benny Mustafa meninggal dunia pada usia 81 tahun hari ini, Jumat (2/7). Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pengamat musik Stanley Tulung.

"Iya (Benny meninggal dunia), tadi ada orang dekatnya telepon saya," kata Stanley kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jumat (2/7).

Benny Mustafa adalah musisi jazz senior di Indonesia. Dia merupakan pemain drum yang aktif bermusik sejak tahun 1957 silam. Pada tahun 1960, Benny bergabung dengan band Eka Sapta bersama Bing Slamet, Ireng Maulana, Idris Sardi, Itje Kumaunang, dan Darmono.


Eka Sapta sangat terkenal di Indonesia pada dekade 1960-an. Kala itu Eka Sapta dikategorikan sebagai band pop, namun ada pula yang menganggap band itu mengusung genre surf rock.

Selain itu, Benny juga sempat bergabung dengan sejumlah band jazz. Saat itu lah dia memainkan sub-genre jazz bersama band yang dinaunginya, seperti cool jazz, jazz lating, dan lain-lain.

(adp/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK