20 TAHUN SPIRITED AWAY

Pesan 'Gaib' di Antara Adegan Spirited Away

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 09:46 WIB
Spirited Away sejatinya jauh lebih besar dari sekadar film mengenai anak kecil yang terjebak dalam dunia gaib. Spirited Away sejatinya jauh lebih besar dari sekadar film mengenai anak kecil yang terjebak dalam dunia gaib. (dok. Tokuma Shoten/Studio Ghibli/Nippon Television Network/Dentsu/Buena Vista Home Entertainment/Tohokushinsha Film Corporation/Mitsubishi via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang anak perempuan berusia 10 tahun, Chihiro, secara tidak sengaja masuk ke alam gaib bersama kedua orang taunya. Ia takut bukan kepalang ketika kedua orang tuanya berubah menjadi babi lantaran makan tanpa permisi.

Beruntung, Chihiro bertemu dengan laki-laki bernama Haku yang membantunya bertahan hidup di alam baka. Meski harus melewati masa-masa sulit yang melelahkan, Chihiro berhasil selamat dan kembali ke dunia manusia bersama kedua orang tuanya.

Kurang lebih seperti itulah cerita yang didapat sebagian penonton Spirited Away. Bagi mereka yang tidak benar-benar memperhatikan, film anime ini hanyalah cerita untuk anak-anak dengan akhir bahagia yang sangat klasik bak dongeng sediakala.


Padahal, Spirited Away jauh lebih besar dari sekadar film mengenai anak kecil yang terjebak dalam dunia gaib. Sepanjang film ini terdapat banyak pesan moral, kritik dan simbol yang mayoritas disisipkan secara implisit, alias pesan tersembunyi.

Pesan 'gaib' itu sudah ada sejak adegan pertama lewat sebuah benda mati, yaitu mobil Audi A4 asal Jerman yang dikendarai ayah Chihiro. Kala itu mereka sedang dalam perjalanan menuju tempat tinggal baru.

Spirited AwayPesan 'gaib' Spirited Away sudah ada sejak adegan pertama lewat sebuah benda mati, yaitu mobil Audi A4 asal Jerman yang dikendarai ayah Chihiro. (dok. Tokuma Shoten/Studio Ghibli/Nippon Television Network/Dentsu/Buena Vista Home Entertainment/Tohokushinsha Film Corporation/Mitsubishi via IMDb)

Dalam perjalanan itu, orang tua Chihiro sempat berbincang bahwa mereka pindah ke daerah yang cukup terpencil hingga perlu ke kota sebelah untuk belanja kebutuhan. Dialog seperti menunjukkan bahwa sebelumnya mereka tinggal di kota besar.

Mobil Audi tergolong sebagai salah satu mobil mewah di Jepang, barang siapa yang memiliki mobil itu bisa dikategorikan sebagai orang mampu. Karena itu, ada pula orang Jepang yang memaksakan diri membeli mobil mewah hanya agar terlihat mampu.

Fenomena itu disetujui oleh Akademisi Sastra Jepang Universitas Bina Nusantara, Roberto Masami Prabowo. Bisa jadi keluarga Chihiro bukan orang mampu sungguhan karena mereka pindah tempat tinggal dari kota besar ke kota kecil.

"Di Jepang kalau pindah tempat itu biasanya karena reputasi yang buruk, mereka cenderung menutupi itu dengan kemewahan. Memang enggak semua seperti itu, tetapi ada kencenderungan," katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Alam Baka

Ketika keluarga Chihiro sudah dekat dengan tujuan, mereka justru nyasar ke dalam hutan sampai ke perbatasan antara dunia manusia dengan alam gaib. Dengan gagah, ayah Chihiro memasuki gerbang berupa terowongan misterius itu.

Gerbang itu membawa mereka ke sebuah padang rumput dengan sejumlah rumah bobrok dan patung berbentuk wajah. Ayah Chihiro beranggapan tempat itu adalah taman ria yang dibuat pada 1990-an kemudian bangkrut karena krisis ekonomi.

Screenrant menyebut terowongan itu merupakan simbol dari Gerbang Torii yang biasa berada di tempat suci atau kuil di Jepang, berfungsi sebagai penanda bahwa siapa pun yang melewati itu akan memasuki tempat di mana makhluk gaib tinggal.

Secara tidak langsung, sutradara sekaligus penulis skenario Hayao Miyazaki ingin menunjukkan bahwa keluarga Chihiro berada di alam gaib setelah melewati terowongan tersebut. Dan makhluk gaib pun muncul ketika malam tiba.

"Ayahnya Chihiro sempat bilang bahwa ini seperti taman ria yang bangkut. Nah pada masa itu memang di Jepang banyak taman ria bangkrut akibat krisis tadi. Ini merupakan sindiran," kata Roberto.

pesan-pesan 'gaib' di Spirited Away masih bergentayangan di sebelah...

Pesan-pesan 'Gaib' Spirited Away

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK