20 TAHUN SPIRITED AWAY

Deret Fakta Kaonashi di Spirited Away

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 12:30 WIB
Kaonashi alias No Face salah satu makhluk gaib paling terkenal dalam film animasi Spirited Away (2001). Kaonashi alias No Face salah satu makhluk gaib paling terkenal dalam film animasi Spirited Away (2001). (dok. Tokuma Shoten/Studio Ghibli/Nippon Television Network/Dentsu/Buena Vista Home Entertainment/Tohokushinsha Film Corporation/Mitsubishi via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kaonashi alias No Face bisa dibilang sebagai makhluk gaib paling terkenal dalam film animasi Spirited Away (2001). Setidaknya hal itu terbukti dari banyak mainan dan merchandise yang dijual setelah film itu rilis pada 20 Juli 2001.

Kaonashi sendiri dikisahkan sebagai salah satu dedemit dalam dunia gaib yang dikunjungi Chihiro. Ia memiliki tubuh besar berwarna hitam yang sedikit tembus pandang dengan topeng berwarna dominan putih.

Berikut sejumlah deret fakta menarik Kaonashi:

1. Gender non-biner

Kaonashi tidak bergender biner laki-laki atau perempuan sehingga bisa dikategorikan bergender non-biner. Sepanjang Spirited Away juga tidak dijelaskan secara rinci bahwa ia bergender tertentu.


Meski demikian, dalam Spirited Away berbahasa Inggris, ia diperkenalkan dengan sebutan "he" yang merujuk pada laki-laki. Namun, hal itu tidak menjadikan Kaonashi sebagai makhluk gaib bergender laki-laki.

2. Terinspirasi film Babette's Feast

Rakus menjadi salah satu hal yang identik dengan Kaonashi. Mengutip cyberbloom, sutradara sekaligus penulis skenario Hayao Miyazaki menjelaskan Kaonashi terinspirasi dari karakter dalam film Babette's Feast (1987).

Hayao mengaku sudah sejak lama menonton Babette's Feast yang ia anggap sebagai film yang sangat bagus. Dalam film itu terdapat karakter yang banyak makan sehingga ingin membuat karakter serupa.

[Gambas:Youtube]

3. Serupa dengan Noppera-bo

Sebagai makhluk gaib, Kaonashi tidak benar-benar ada dalam mitologi Jepang atau kepercayaan Shinto yang dianut mayoritas penduduk Negara Matahari Terbit. Namun Screenrant menyebut, Kaonashi serupa dengan legenda hantu Jepang bernama Noppera-bo.

Noppera-bo kerap menampakkan diri sebagai manusia tetapi tidak memiliki wajah. Manusia kerap terjebak dalam perangkap Noppera-bo yang berlaga seperti orang baik, tapi bisa menakuti manusia dengan wajah yang rata.

Fakta-fakta soal Kaonashi Spirited Away masih gentayangan di sebelah..

Deret Fakta Kaonashi di Spirited Away

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK