20 TAHUN SPIRITED AWAY

7 Mitologi Jepang dalam Spirited Away

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 11:09 WIB
Spirited Away bukan hanya berisikan animasi menggemaskan, tetapi juga beragam mitologi yang disisipkan dalam film. Bentuk Oshira-sama yang berkepala seperti lobak ini menjadi inspirasi Hayao Miyazaki untuk menciptakan sosok sebuah karakter makhluk gaib dalam Spirited Away. (dok. Tokuma Shoten/Studio Ghibli/Nippon Television Network/Dentsu/Buena Vista Home Entertainment/Tohokushinsha Film Corporation/Mitsubishi via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Spirited Away bukan hanya berisikan animasi dengan karakter yang menggemaskan dan cerita yang mampu membuat penonton hanyut, tetapi juga beragam mitologi yang disisipkan dalam film.

Beragam mitos dan cerita rakyat Jepang dimasukkan oleh Hayao Miyazaki untuk memperkaya film berdurasi dua jam lima menit tersebut. Beberapa dimasukkan sebagai karakter, sedangkan yang lain berupa latar tempat ataupun kegiatan.

Berikut tujuh mitologi khas Jepang yang bisa ditemukan dalam Spirited Away:

1. Pemandian Makhluk Gaib

Pemandian umum merupakan hal lumrah ditemukan dalam budaya masyarakat Jepang. Namun "pemandian" ini diyakini bukan hanya berlaku untuk manusia.


Lihat Juga :
20 Tahun Spirited Away
Review Film: Spirited Away

Penganut Shinto kuno di Jepang melakukan ritual dengan mengundang makhluk gaib baik untuk mandi bersama yang dipercaya bisa melindungi mereka dan mengusir makhluk gaib jahat.

Hal itu yang dibawa Miyazaki sebagai latar lokasi sebagian besar cerita Spirited Away, ketika Chihiro terpaksa bekerja di pemandian yang dikunjungi banyak jin dan arwah demi bisa menyelamatkan kedua orang tuanya.

Spirited AwayPemandian umum merupakan hal lumrah ditemukan dalam budaya masyarakat Jepang. Namun "pemandian" ini diyakini bukan hanya berlaku untuk manusia. (dok. Tokuma Shoten/Studio Ghibli/Nippon Television Network/Dentsu/Buena Vista Home Entertainment/Tohokushinsha Film Corporation/Mitsubishi via IMDb)


2. Kamikakushi

Menurut CBR, secara harfiah, "kamikakushi" bisa diartikan sebagai "disembunyikan Kami". "Kami" sendiri dalam bahasa Jepang bisa bermakna dewa, roh, atau pun suatu makhluk gaib. Di Indonesia, konsep ini dikenal dengan "diculik jin".

Masyarakat Jepang percaya, terkait Kamikakushi, bila ketika dewa atau makhluk gaib marah terhadap manusia, mereka akan membawa orang tersebut dari dunia nyata.

Konsep ini yang biasanya diyakini sebagai jawaban atas kasus orang hilang atau meninggal secara misterius. Salah satu contoh mitos ini adalah Yokai Kappa, ia menculik anak-anak yang tinggal di dekat sungai dan memakannya utuh.

Mitos ini yang dibawa oleh Miyazaki dalam Spirited Away, mulai dari Chihiro dan kedua orang tuanya yang terjebak di dunia gaib, kehadiran pekerja-pekerja berupa 'separuh' katak, hingga adegan Kaonashi menyantap pekerja hidup-hidup.

Yubaba / Zeniba di Spirited Away (2001)Karakter Yubaba serupa dengan penyihir dalam mitologi Jepang bernama Yamauba yang tinggal di gunung. (dok. Tokuma Shoten/Studio Ghibli/Nippon Television Network/Dentsu/Buena Vista Home Entertainment/Tohokushinsha Film Corporation/Mitsubishi via IMDb)
Yubaba / Zeniba di Spirited Away (2001)

3. Penyihir Yamauba

Karakter Yubaba serupa dengan penyihir dalam mitologi Jepang bernama Yamauba yang tinggal di gunung. Ia digambarkan sebagai perempuan tua yang bisa mengubah manusia menjadi binatang, seperti Yubaba dan saudara kembarnya, Zeniba.

Mitologi lainnya dalam Spirited Away lanjut ke sebelah...

Mitologi Jepang dalam Spirited Away

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK