20 TAHUN SPIRITED AWAY

Alasan Spirited Away Mampu Jadi Legenda Dunia Anime

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 08:37 WIB
Ada sejumlah faktor yang menunjang Spirited Away sebagai film anime berkualitas nan melegenda. Ada sejumlah faktor yang menunjang Spirited Away sebagai film anime berkualitas nan melegenda. (dok. Studio Ghibli)
Jakarta, CNN Indonesia --

"And the Oscar goes to... Spirited Away, Hayao Miyazaki," kata aktris Cameron Diaz saat membacakan pemenang kategori Best Animated Feature pada Academy Awards atau Piala Oscar 2003.

Kalimat yang keluar dari mulut Diaz itu menjadi tonggak sejarah bagi dunia anime yang berasal dari Jepang. Spirited Away menjadi film anime berbahasa asing pertama, dan satu-satunya sampai saat ini, yang memenangkan penghargaan bergengsi itu.

Kemenangan bagi film berbahasa asing dalam ajang penghargaan asal Amerika Serikat (AS) itu bukan hal biasa, bahkan bisa dibilang langka, mengingat pemenang didominasi film atau sineas Negeri Paman Sam.


Apalagi, Spirited Away garapan Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli ini berasal dari negeri yang pernah berkonflik dengan Amerika Serikat. Bahkan, Jepang tercatat pernah membuat anime bertajuk Momotaro: Sacred Sailors sebagai propaganda melawan AS.

Tentu ada sejumlah faktor yang menunjang Spirited Away sebagai film anime berkualitas nan melegenda. Salah satunya keluasan spektrum penonton yang dirancang sedemikian rupa oleh Miyazaki. Dari anak-anak sampai dewasa bisa menikmati film ini.

Far Out Magazine menyebut, penonton anak-anak bisa merasakan kesepian Chihiro yang karena harus pindah tempat tinggal karena ayahnya. Ia pun harus pindah sekolah dan harus meninggalkan teman-temannya di sekolah lama.

Sementara, penonton dewasa bisa memahami Spirited Away lebih jauh dari pada rasa kesepian, yaitu pesan tersembunyi dan kritik. Seperti kritik soal kerusakan lingkungan yang disampaikan lewat sosok Dewa Sungai yang sangat kotor dan sangat bau.

Akademisi Sastra Jepang Universitas Bina Nusantara, Roberto Masami Prabowo, menilai adegan itu merupakan kritik langsung terhadap sungai di Jepang yang sempat kotor pada masa krisis ekonomi pada 1990-an.

"Tahun 1990-an orang Jepang ini sering buang sampah ke sungai. Waktu saya di Jepang, bahkan saya pernah lihat orang buang binatang eksotis yang mereka pelihara, ada yang buang iguana, ular, dan lain-lain," kata Roberto.

Kerusakan lingkungan hanya satu dari sekian banyak pesan tersembunyi dan kritik dalam Spirited Away. Pesan tersembunyi serta kritik lainnya adalah kapitalisme, lewat sosok Yubaba yang memiliki pemandian dan keserakahan yang digambarkan oleh orang tua Chihiro yang berubah menjadi babi.

Bukan hanya pesan tersembunyi, budaya dan mitologi juga menjadi faktor penunjang Spirited Away...

[Gambas:Youtube]



Alasan lainnya berlanjut ke halaman sebelah...

Perubahan Pola Pikir

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK