Tambah 4 Kategori Baru, FFI 2021 Libatkan Penonton

chri, CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 00:51 WIB
Seleksi dan penjurian FFI akan berlangsung mulai 30 Agustus - 25 Oktober 2021. Festival Film Indonesia 2021 sendiri bakal diadakan pada 10 November 2021. Joko Anwar di gelaran FFI 2020. Festival tersebut kini mengakomodasi kategori favorit pilihan penonton. (Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komite Festival Film Indonesia (FFI) menambah empat kategori baru dengan penghargaan khusus dalam FFI 2021, yakni Kritik Film, Film Terfavorit, Aktor Terfavorit, serta Aktris Terfavorit pilihan penonton.

Dalam menentukan pemenang kategori Kritik Film, Komite FFI nantinya bekerja sama dengan KAFEIN, asosiasi profesional yang terdiri para akademisi dan pengkaji film.

Proses pendaftaran untuk kategori tersebut sudah dibuka sejak 26 Juli dan akan ditutup 31 Agustus 2021.


Sementara, penonton bisa menentukan film, aktor, dan aktris kesukaan mereka untuk menjadi pemenang dengan memilih secara daring melalui situs resmi FFI mulai 1 September - 31 Oktober 2021.

Masyarakat bisa menuliskan dan memilih film favorit yang disaksikan dalam periode Oktober 2020 - Agustus 2021.

Pemenang kategori favorit penonton ini nantinya mendapatkan Piala Usmar Ismail untuk Film Terfavorit, Piala Bambang Iramawan untuk Aktor Terfavorit, dan Piala Chitra Dewi untuk Aktris Terfavorit.

Seperti dalam keterangan resmi FFI, nama piala tersebut sengaja menggunakan nama tokoh perfilman sebagai apresiasi atas karya dan kontribusi mereka pada perfilman Indonesia.

Sementara itu, Komite FFI sudah menerima pendaftaran film panjang, pendek, dokumenter, dan animasi sejak 15 Juli 2021. Mereka juga telah menerima pendaftaran kritik film secara daring.

Kali ini, Komite FFI juga memberikan kelonggaran pendaftaran bagi film-film panjang, pendek, animasi, dan dokumenter yang telah tayang di festival internasional dan belum dirilis secara umum. Hal tersebut disebabkan situasi pandemi Covid-19 yang memengaruhi rencana penayangan film.

Sistem Penjurian FFI 2021

Komite FFI juga melakukan penyempurnaan sistem penjurian sebelumnya dengan melibatkan asosiasi-asosiasi profesi perfilman Indonesia. Sutradara Garin Nugroho berperan sebagai Ketua Komite bidang Penjurian kali ini.

Sistem penjurian FFI 2021 disosialisasikan dan disempurnakan melalui tiga tahap, yaitu pertemuan langsung, pertemuan daring, dan masukan-masukan tertulis dari asosiasi-asosiasi profesi perfilman.

Sistem penjurian film cerita panjang tahun ini dibagi jadi empat tahap, yaitu seleksi awal, film rekomendasi, film nominasi, dan film pemenang. Film-film yang didaftarkan akan diseleksi administratif untuk masuk tahap seleksi awal.

Asosiasi dan anggotanya kemudian akan menyaring dan memilih 10 film pada tahap film rekomendasi. Pada tahap selanjutnya, film nominasi akan dinilai oleh Juri Nominasi untuk menentukan lima nomine pada setiap kategori.

Pada proses penjurian tahap akhir, pemilihan satu pemenang pada masing-masing kategori dilakukan oleh Dewan Juri FFI 2021, yang terdiri dari 15 orang perwakilan ekosistem perfilman Indonesia dengan beragam latar belakang profesi.

Sedangkan sistem penjurian film non cerita panjang hanya terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap seleksi awal, tahap nominasi, dan tahap pemenang.

Seleksi dan penjurian akan berlangsung mulai 30 Agustus - 25 Oktober 2021.

Festival Film Indonesia 2021 nantinya diselenggarakan secara langsung dengan tetap menjunjung protokol kesehatan seperti yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Festival Film Indonesia 2021 sendiri bakal diadakan pada 10 November 2021.

(chri/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK