Drummer The Offspring Didepak karena Tolak Vaksin Covid-19

chri, CNN Indonesia | Rabu, 04/08/2021 12:50 WIB
Pete Parada menolak vaksin Covid-19 karena alasan medis yang ia alami. Keputusan tersebut ia akui hasil diskusinya dengan dokter. Drummer The Offspring Pete Parada (Foto: Tangkapan layar instagram @peteparada)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drummer band The Offspring Pete Parada mengatakan telah dikeluarkan dari band akibat menolak vaksinasi Covid-19. Hal itu diungkapkan melalui catatan yang diunggah ke akun Instagramnya pada Selasa (3/8).

Dalam unggahan, ia mengatakan sempat mengalami gejala ringan Covid-19 lebih dari satu tahun lalu dan memutuskan untuk tidak vaksin. Keputusan itu diambil setelah berdiskusi dengan dokter.

"Karena kondisi kesehatan dan efek samping dari hal itu (vaksin), dokter saya menyarankan untuk tidak vaksinasi saat ini. Saya terpapar virus Corona lebih dari satu tahun lalu dengan gejala ringan. Jadi saya yakin bisa menghadapinya," tulis Pete Parada.


"Tapi saya tidak yakin bisa tahan dengan efek setelah vaksin karena Guillain-Barré Syndrome yang sudah saya rasakan sejak kecil," tuturnya.

"Menurut saya serta keluarga yang berharap saya berumur panjang, risiko (vaksin) lebih besar daripada fungsinya," tulis Pete Parada.

[Gambas:Instagram]

Guillain-Barré Syndrome (GBS) termasuk penyakit autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh malah menyerang sistem saraf perifer.

Seperti dilansir Entertainment Weekly pada Selasa (3/8), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan orang yang menderita GBS bisa divaksin Covid-19. Mereka menyatakan kemanjuran dan keamanan vaksin tinggi.

Terkait hal ini, belum jelas keputusan mengeluarkan Pete Parada bersifat permanen atau sementara. Namun, Pete Parada mengatakan menghargai keputusan yang diambil bandnya.

[Gambas:Youtube]

"Saya tidak sakit hati terhadap band saya. Mereka melakukan apa yang dirasa terbaik untuk mereka. Saya juga melakukan hal yang sama."

"Saya harap yang terbaik bagi keluarga Offspring. Saya hanya sedih tidak bisa bertemu dengan anggota komunitas, saya akan merindukan penggemar lebih dari yang bisa saya utarakan lewat kata-kata," tulisnya.

Pete Parada juga meyakini begitu banyak orang dalam posisi yang sama seperti dirinya. Ia hanya berharap orang lain bisa memberikan ruang untuk mendengarkan kisah dan kondisi mereka.

"Saya harap kita bisa belajar membuka ruang bagi semua perspektif dan ketakutan yang terjadi saat ini. Mari hindari kecenderungan yang tidak menguntungkan seperti mendominasi, tidak manusiawi atau saling menjatuhkan," tulis Pete Parada.

"Semua suara layak didengar." tutupnya.

(chri/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK