7 Seleb yang Disebut Korban 'Cancel Culture'

nly, CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 00:11 WIB
Sejumlah selebriti dalam dan luar negeri pernah mendapat penolakan bahkan pemboikotan, yang kini kerap disebut 'cancel culture'. Johnny Depp merupakan salah satu seleb yang pernah jadi korban 'cancel culture' (Foto: AFP/LOIC VENANCE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa waktu ke belakang ramai terjadi budaya penolakan atau 'cancel culture' terhadap beberapa selebriti. Penolakan tersebut terjadi setelah sang idola disebut melakukan sebuah kesalahan yang dinilai buruk oleh publik.

Mulai dari artis dalam negeri seperti Ayu Ting Ting yang sempat diboikot publik karena dinilai kurang sopan saat tampil di TV, hingga artis internasional seperti Johnny Depp yang tidak jadi membintangi film terbaru dari seri Fantastic Beasts karena diprotes oleh penggemar Harry Potter.

Berikut tujuh artis yang mengalami 'cancel culture' atau budaya penolakan dirangkum oleh CNNIndonesia.com:


1. Ayu Ting Ting

Pada Agustus lalu, publik dihebohkan dengan petisi di laman change.org tentang ajakan memboikot penyanyi Ayu Ting Ting tampil di televisi. Ajakan tersebut diinisiasi oleh seorang warganet bernama Putri Maharani.

Ajakan itu dipicu oleh perbuatan Ayu Ting Ting menendang kru dalam salah satu tayangan langsung di televisi swasta. Penggagas petisi menilai perbuatan ibu satu anak itu kurang sopan.

"Pada acara Pas Sore. Terlihat waktu acara tersebut live di Trans7, Ayu Ting Ting menendang salah satu talent," demikian keterangan di petisi tersebut.
Petisi tersebut ditandatangani setidaknya 57 ribu warganet.

2. Gofar Hilman

Pembawa acara sekaligus youtuber Gofar Hilman pun pernah mengalami penolakan atau jadi korban 'cancel culture'.

Hal tersebut dipicu dugaan pelecehan seksual yang tertuju pada Gofar. Sejumlah wanita mengungkap dugaan pelecehan seksual yang Gofar lakukan di masa lalu.

Kekecewaan terhadap pelecehan yang disangkakan pada Gofar menggema di media sosial, sehingga Gofar sempat berhenti produksi konten di Youtubenya.

3. Nikita Mirzani

Nasib serupa juga menimpa artis Nikita Mirzani. Ibu tiga anak tersebut sempat mendapat petisi boikot dari publik.

Kala itu, Nikita Mirzani menghadapi masalah dengan banyak orang, salah satunya bermasalah dengan mantan suaminya, Dipo Latief terkait hak asuh anak mereka.

Selain dengan mantan suaminya, Nikita juga berseteru dengan beberapa pihak seperti Kriss Hatta, bos Ada Tour Lasty Annisa, dan Puput Carolina.

Nikita kerap melontarkan pernyataan keras terhadap pihak-pihak yang dianggap sebagai lawannya. Alhasil, warganet pun dibuat kesal dengan perkataan Nikita Mirzani yang dinilai tidak sopan dan hanya mencari sensasi semata.

Lihat seleb luar negeri yang pernah jadi korban 'cancel culture' di halaman berikutnya..

[Gambas:Video CNN]

7 Seleb Korban 'Cancel Culture' (Bagian 2)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK