7 Film Mafia Hollywood Terbaik yang Patut Ditonton Ulang

Tim | CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 14:07 WIB
Bagi Anda yang baru menikmati film bertemakan mafia, berikut 7 film mafia Hollywood terbaik menurut Imdb selain The GodFather. Bagi Anda yang baru menikmati film bertemakan mafia, berikut 7 film mafia Hollywood terbaik menurut Imdb selain The GodFather. (Foto: Netflix/American Gangster)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hollywood sangat mahir membuat film-film bertema gangster atau mafia. Film mafia ini sudah lama ada dan selalu memikat hati penonton.

Beberapa film mafia Hollywood terbaik bahkan ada yang diangkat dari kisah atau kejadian nyata sementara sisanya fiktif.

Film mafia biasanya berkisah tentang sekelompok orang yang berkutat dengan tindakan kriminal dan kejahatan yang terorganisasi.


Salah satu film mafia Hollywood paling tersohor yang masih ditonton orang sampai saat ini adalah The GodFather.

Bagi Anda yang baru menikmati film bertemakan mafia, berikut 7 film mafia Hollywood terbaik menurut Imdb selain The GodFather yang wajib Anda tonton.

1. Scarface (1983)

Scarface (1983)Scarface adalah salah satu film mafia Hollywood terbaik (Foto: Netflix)

Anda tentu tidak asing dengan sosok Al Pacino yang juga bermain dalam film The GodFather sebagai Michael Corleone.

Namun dalam film arahan sutradara Brian De Palma ini, Al Pacino berperan sebagai seorang imigran Kuba bernama Tony Montana.

Scarface mengambil latar era Fidel Castro berkuasa. Castro membuat kebijakan pengungsi Kuba untuk kembali ke daerah asal, termasuk Amerika Serikat.

Kebijakan ini membuat Tony Montana merantau ke Amerika untuk menggapai mimpinya menjadi pebisnis sukses dan disegani banyak orang.

Dalam proses menggapai impiannya, Tony bertemu dengan banyak orang termasuk gembong narkoba terbesar yang kemudian mengubah hidup Tony 180 derajat.


2. Reservoir Dogs (1992)

Reservoir Dogs menjadi film perdana Quentin Tarantino sebagai sutradara dan mendapat ulasan yang cukup baik. Reservoir Dogs berkisah tentang gembong mafia yang merampok toko berlian.

Aksi perampokan toko berlian diketuai Joe Cabot. Cabot merekrut sejumlah orang untuk membantunya beraksi.
Namun sayang aksi merampok tidak berjalan sesuai rencana mereka. Salah satu dari mereka dicurigai sebagai mata-mata polisi.

Kelompok mafia ini pun harus menghadapi sergapan polisi dan meski tidak saling kenal, persahabatan dan kesetiaan mereka diuji.


3. Pulp Fiction (1994)

Pada tahun penayangannya, Pulp Fiction berhasil masuk dalam enam nominasi Oscar dan memenangkan dua piala Oscar 1995. Kemenangan tersebut membuat Pulp Fiction menjadi salah satu film mafia Hollywood terbaik.

Pulp Fiction memiliki narasi film yang unik karena terbagi dalam tiga alur namun saling berkaitan.

Secara garis besar, film ini berkisah tentang kehidupan dua pembunuh bayaran, sepasang bandit, seorang petinju, dan seorang anggota gang yang karena suatu sebab harus saling membunuh.

4. The Departed (2006)

Film garapan sutradara Martin Scorsese ini berkisah tentang perburuan anggota mafia yang menyusup ke dalam tubuh kepolisian.

Dimulai dari dua orang dari latar berbeda, Billy Costigan yang berasal dari keluarga yang memiliki catatan kriminal dan Collin Sulivan yang datang dari keluarga polisi.

Keduanya tergabung dalam satu tim di kepolisian dan sama-sama ditugaskan menyelesaikan satu kasus besar.
Billy lantas ditugaskan menjadi mata-mata untuk masuk ke dalam kelompok mafia kelas kakap pimpinan Frank Costello.

Terlibat jauh ke dalam, membuat Billy yakin ada mata-mata di tubuh mereka masing-masing. Para mata-mata ini lalu saling mencari tahu penyelundup tempat mereka.


5. Heat (1995)

Heat berkisah tentang kelompok perampok professional yang dipimpin oleh Neil McCauley (Robert De Niro).

Suatu hari, kelompok ini merampok surat-surat berharga bernilai jutaan dolar dari sebuah mobil baja. Namun dalam aksinya, salah satu anggota membunuh satu petugas keamanan.

Peristiwa itu membuat situasi menjadi pelik. Neil terpaksa menjual kembali surat-surat berharaga tersebut ke pemilik aslinya.

Dirinya pun kemudian diburu oleh anggota sindikat pemili surat berharga tersebut. Neil juga harus lari dari kejaran polisi, setelah salah satu anggota mereka adalah polisi yang menyamar.


6. American Gangster (2007)

American Gangster (2007)American Gangster adalah salah satu film mafia Hollywood terbaik (Foto: Netflix)

American Gangster merupakan film biopik yang menceritakan kisah hidup seorang Frank Lucas, mafia narkoba berkulit hitam yang pernah berkuasa di kawasan Harlem, New York.

American Gangster disutradarai oleh Ridley Scoot, dan menghadirkan penampilan Danzel Washington dan Russel Crowe.

Frank membuat terobosan yang belum pernah dilakukan gembong narkoba di zaman itu.

Kesuksesan dirinya, menarik perhatian seorang detektif bernama Richie Robert (Russel Crowe) yang terkenal liar dan tidak bisa disuap serta gemar memburu gembong narkoba.

7. The Untouchables (1987)

Film mafia Hollywood terbaik ini merupakan autobiografi Eliot Ness yang berhasil menangkap gembong mafia paling tersohor Amerika, Al Capone.

Kelompok Al Capone saat itu banyak melakukan bisnis ilegal, prostitusi, dan penyelundupan manusia.

Untuk menjaga berbagai usahanya, Ness (Kevin Costner) yakin bahwa Al Capone menyuap banyak polisi dan pengak hukum serta menggelapkan pajak di kota New York.

Pada awalnya, Eliot Ness selalu gagal menangkap aksi komplotan Al Capone.

Namun suatu waktu, dirinya mendapat saran dari salah satu polisi senior yang menyarankan Ness untuk bermain keras demi menangkap Al Capone.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER