Deret Insiden Pistol Properti Hollywood Selain Alec Baldwin

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 11:12 WIB
Selain insiden penembakan oleh Alec Baldwin, Brandon Lee menjadi korban pistol properti saat syuting The Crow beberapa dekade lalu. Selain insiden penembakan oleh Alec Baldwin, Brandon Lee menjadi korban pistol properti saat syuting The Crow beberapa dekade lalu. (Foto: REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia --

Insiden penembakan oleh Alec Baldwin yang menewaskan sinematografer Halyna Hitchins memperpanjang daftar kejadian serupa yang terjadi di Hollywood selama ini. Beberapa staf hingga artis meninggal dunia akibat senjata penyangga.

Seperti dilansir CNN, aktor Brandon Lee yang juga anak dari Bruce Lee meninggal dunia setelah ditembak dengan senjata penyangga saat syuting adegan terakhir film The Crow pada 1993.

Aktor Michael Massee, yang berperan sebagai pengedar narkoba Funboy dalam film tersebut, menembaki Lee selama adegan dengan pistol properti yang ternyata dinyatakan dalam pengaturan tidak benar.


Peluru tiruan yang seharusnya digunakan selama pembuatan film telah diganti dengan gumpalan karton yang menyerupai peluru.

Sayangnya, pecahan peluru tiruan masih tertinggal di pistol dan ujung logam dari peluru tiruan itu mengenai perut Lee yang kala itu berusia 28 tahun.

Daftar korban pun bertambah dengan nama Jon-Erik Hexum, pemeran Phineas Bogg dalam serial NBC, Voyagers pada 1982.

Saat itu, aktor bertubuh jangkung tersebut sedang naik daun dan akan memulai peran barunya sebagai Mac Harper, seorang agen CIA yang menyamar sebagai model pria dalam serial TV Cover Up.

Dalam proses syuting, Hexum dilaporkan bermain-main dengan senjata penyangga dari sebuah adegan dan menembak dirinya sendiri di kepala.

Pistol kosong itu kemudian mendorong bagian tengkorak kepala ke otaknya. Setelah bertahan selama seminggu, ia meninggal dunia dan karakternya kemudian dihapuskan dari pertunjukan.

Contoh lain dari kejadian tragis di lokasi syuting yang berujung pada kematian juga dialami Vic Morrow. Ia memiliki karier panjang sebagai aktor sekaligus sutradara saat membintangi Twilight Zone: The Movie pada 1982.

Morrow memerankan tokoh seorang rasis yang dikirim kembali ke masa lalu dan ditempatkan dalam situasi teraniaya.

Dalam sebuah adegan yang disutradarai oleh John Landis, ia dan dua aktor cilik, Myca Dinh Le yang berusia 7 tahun dan Renee Shin-Yi Chen yang berusia 6 tahun dikisahkan sedang melarikan diri dari sebuah desa di Vietnam selama perang Vietnam berlangsung.

Sementara itu, helikopter tentara milik Amerika Serikat melayang di atas mereka yang sedang berlari. Helikopter itu kemudian jatuh setelah didahului ledakan kembang api lalu mendarat tepat di atas Morrow dan dan kedua pemeran cilik yang langsung tewas di lokasi.

Kondisi tersebut membuat pilot bersama tiga orang lainnya didakwa dengan pembunuhan tidak disengaja. Mereka semua dibebaskan setelah sidang yang berlangsung hampir sembilan bulan.

Daftar ini diperpanjang dengan nama Halyna. Dadanya tertembak ketika Alec Baldwin sedang syuting film Rust di New Mexico, AS.

Pistol properti yang digunakan Alec Baldwin saat syuting film Rust dinyatakan aman oleh asisten sutradara produksi. Hal tersebut dikonfirmasi melalui affidavit atau pernyataan tertulis yang diajukan Kantor Sheriff Santa Fe County. 

(TTF/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER