Demi Penyelidikan, Produksi Film Rust Ditangguhkan Sementara

Tim | CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 14:15 WIB
Produksi film Rust ditangguhkan sementara hingga penyelidikan insiden penembakan Halyna Hutchins yang melibatkan Alec Baldwin selesai. Produksi film Rust ditangguhkan sementara hingga penyelidikan insiden penembakan Halyna Hutchins yang melibatkan Alec Baldwin selesai. (Foto: AP/Jim Weber)
Jakarta, CNN Indonesia --

Produksi film Rust ditangguhkan setelah sinematografer Halyna Hutchins meninggal dunia tertembak senjata penyangga yang digunakan Alec Baldwin saat syuting, Kamis (21/10).

Penangguhan sementara itu berlaku setidaknya sampai proses penyelidikan atas insiden tersebut selesai.

"Saat kami menghadapi krisis ini, kami memutuskan untuk menangguhkan set setidaknya sampai penyelidikan selesai," keterangan resmi tim produksi seperti dilansir Variety pada Senin (25/10).


Mereka juga mengatakan Sutradara Joel Souza yang turut kena tembakan sedang dalam proses pemulihan. Tak hanya itu, produser film Rust menegaskan jajarannya sedang meninjau internal protokol keselamatan di lokasi syuting.

"Kami mendukungnya semampu kami," tulis mereka.

Sebelumnya, para aktor termasuk Alec Baldwin sedang bersiap untuk syuting film Rust di Bonanza Creek Ranch, dekat Santa Fe. Kala itu, Alec Baldwin melepaskan tembakan setelah diberi tahu asisten sutradara bahwa pistol properti tersebut cold gun.

Cold gun merupakan sebutan untuk senjata yang tidak mengandung peluru tajam atau tidak diisi.

Hal tersebut dikonfirmasi melalui affidavit atau pernyataan tertulis yang diajukan Kantor Sheriff Santa Fe County. Affidavit merupakan suatu pernyataan tertulis dari seseorang sebagai bukti atas suatu kebenaran.

Berdasarkan keterangan tertulis itu, asisten sutradara produksi sudah menyatakan pistol properti tersebut sebagai cold gun di lokasi syuting. Sehingga, senjata itu aman digunakan dan tidak mengandung peluru tajam.

Sayangnya, proyektil keluar dari senjata tersebut ketika Baldwin menarik pelatuknya hingga mengenai dada sinematografer Halyna Hutchins dan bahu sutradara Joel Souza.

Keterangan tertulis itu juga menyebutkan asisten sutradara Dave Halls mengambil senjata itu dari keranjang yang disiapkan Hannah Gutierrez, juru bedil film. 

Oleh sebab itu, Kantor Sheriff Santa Fe County juga mengajukan surat perintah penggeledahan gedung tempat kejadian. Pencarian juga akan mencakup pengambilan bukti biologis dari senjata prop dan meninjau setiap kejadian yang mungkin terekam kamera.

(chri/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER