Rilis Album Countdown, Super Junior D&E Tak Sangka Berumur Panjang

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 03 Nov 2021 02:15 WIB
Eunhyuk dan Donghae tidak menyangka Super Junior D&E berumur panjang hingga kini. Hal itu disampaikan saat rilis album Countdown dan jelang hari jadi ke-10. Eunhyuk dan Donghae tidak menyangka Super Junior D&E berumur panjang hingga kini. Hal itu disampaikan saat rilis album Countdown dan jelang hari jadi ke-10. (Foto: Arsip SM Entertainment via Twitter @SJOfficial)
Jakarta, CNN Indonesia --

Eunhyuk dan Donghae Super Junior tidak menyangka sub-unit Super Junior D&E akan berumur panjang hingga kini. Sub-unit Super Junior tersebut kini berusia 10 tahun setelah resmi debut pada 16 Desember 2011 lewat acara KBS Music Bank.

"Super Junior D&E bukan tim yang dibuat lewat rencana resmi," kata Eunhyuk seperti dilansir Yonhap, Selasa (2/11).

"Kami membuatnya dengan santai untuk penampilan di konser. Itu sebabnya saya merasa ulang tahun ke-10 terasa lebih istimewa," tutur Eunhyuk.

Donghae juga mengatakan mereka yang sama-sama kelahiran 1986 itu telah bersama sejak trainee. Kala itu, ia bersama Eunhyuk hanya terpikir untuk bersenang-senang dalam tim.

"Saya pikir mari bersenang-senang dan membuat lagu serta syuting video. Begitu cara kami sampai sejauh ini," ucap Donghae.

Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers promosi album penuh perdana Super Junior D&E, COUNTDOWN. Pada Selasa (2/11), mereka resmi merilis album tersebut bersama dengan lagu utamanya, ZERO.

COUNTDOWN disebut merefleksikan Eunhyuk dan Donghae Super Junior untuk memulai yang baru berdasarkan perjalanan Super Junior D&E dalam 10 tahun terakhir.

Album tersebut memiliki 10 lagu, termasuk Beautiful Liar dan Far Away.

Sedangkan ZERO merupakan lagu bergenre hip-hop elektrik dengan nuansa tropis. Label SJ mengumumkan Donghae berpartisipasi dalam komposisi musik dan lirik lagu utama itu.

"Judul lagu itu berarti kami bukan apa-apa tanpa penggemar. Tanpa kalian, kami tidak mungkin dicintai dan membuat album," kata Donghae.

"Kami bisa memulai lagi dari nol berkat kalian," tuturnya.

[Gambas:Youtube]



Super Junior D&E merupakan sub-unit kelima Super Junior yang beranggotakan Donghae dan Eunhyuk. Subunit ini debut lewat single digital Oppa, Oppa pada 16 Desember 2011.

Namun, lagu itu pertama kali diperdengarkan kepada fan atau yang akrab disapa ELF dalam Super Show 4 pada 19 November 2011.

Pada 2012, Super Junior D&E ini debut di Jepang lewat Oppa, Oppa berbahasa Jepang dan single I Wanna Dance.

Setahun setelahnya, duo ini kembali merilis single terbaru Still You yang video musiknya dibuat di London, Inggris. Hingga akhirnya mereka merilis mini album perdana The Beat Goes On pada 2015.

Setelah itu, sub-unit ini memasuki masa hiatus sebab Eunhyuk dan Donghae menjalani wajib militer pada 13 Oktober 2015 dan 15 Oktober 2015. Keduanya baru kembali pada Juli 2017 dan mengeluarkan beberapa mini album hingga album penuh kini.

(chri/chri)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER