5 Fakta Menarik Film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

CNN Indonesia
Rabu, 01 Dec 2021 20:45 WIB
5 fakta menarik film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, salah satunya adalah film ini menjadi pemenang Golden Leopard di Festival Film Locarno. 5 fakta menarik film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, salah satunya adalah film ini menjadi pemenang Golden Leopard di Festival Film Locarno. (Foto: Arsip Palari Film)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas menjadi salah satu film Indonesia yang dinantikan tahun ini. Film garapan Edwin ini memenangkan Golden Leopard, penghargaan tertinggi di Festival Film Locarno.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas mengisahkan Ajo Kawir, jagoan yang tak takut mati. Hasratnya yang besar dalam bertarung didorong sebuah rahasia yang dipendam sejak remaja.

Namun, situasi berubah ketika ia bertemu Iteung, seorang petarung tangguh yang berhasil membuatnya babak belur tapi jatuh cinta di saat yang sama.


Film itu merupakan hasil adaptasi novel bertajuk serupa karya Eka Kurniawan, dan dibintangi oleh Marthino Lio (Ajo Kawir), Ladya Cheryl (Iteung), Reza Rahadian (Budi Baik), Ratu Felisha (Jelita) dan Sal Priadi (Tokek).

Berikut 5 fakta menarik film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

1. Hasil Adaptasi Novel

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas adalah hasil adaptasi novel berjudul serupa karya Eka Kurniawan yang terbit pada 2014.

Sementara itu, novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas menjadi karya ketiga Eka Kurniawan, setelah menerbitkan Cantik Itu Luka (2002) dan Lelaki Harimau (2004).

Selain novel, Eka juga kerap menulis cerita pendek di antaranya Corat-coret di Toilet (2000), Cinta Tak Ada Mati dan Cerita-cerita Lainnya (2005), dan Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi (2015).

2. Berlatar 1980-1990an

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas mengambil latar akhir 1980-an hingga awal 1990-an. Tim produksi berusaha menampilkan kondisi era itu dengan menggunakan bahasa baku dalam dialog.

Selain itu, para pemain juga berpenampilan ala 1980-an, seperti Ajo Kawir dengan jaket yang sempat populer di era itu, kemudian Iteung dan Iteung dengan bandana yang menghiasi rambut keritingnya.

Peristiwa-peristiwa yang terjadi di tahun itu juga ikut ditampilkan, seperti kasus penembakan misterius atau Petrus yang terjadi pada 1980-an. Tak lupa, peristiwa gerhana matahari yang terjadi pada 1983.

Lanjut ke sebelah...

5 Fakta Menarik Film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER