Indonesian Music Awards 2021 dari Langit Musik Tembus 12 Juta Voters

Telkom | CNN Indonesia
Senin, 06 Dec 2021 18:59 WIB
Jumlah pemilih Indonesian Music Awards (IMA) 2021 hingga batas waktu pemilihan pada Senin 29 November 2021 lalu sudah tembus 12 juta voters. Masa voting Indonesian Music Awards (IMA) 2021 telah ditutup pada Senin 29 November lalu dimana hasilnya tembus 12 juta pemilih. (Arsip Telkom).
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah pemilih Indonesian Music Awards (IMA) 2021 hingga batas waktu pemilihan pada Senin 29 November 2021 lalu sudah tembus 12 juta voters. Acara penghargaan yang digelar pertama kalinya ini merupakan hasil kerja sama Melon Indonesia melalui layanan musik streaming, Langit Musik dan juga layanan ring back tone, Nada Sambung Pribadi (NSP) dengan RCTI.

Antusiasme tinggi masyarakat untuk berpartisipasi dalam memilih lagu dan musisi favoritnya dapat terlihat lewat jumlah para voters.

Sampai Senin, 29 November 2021 jumlah pemilih (voters) mencapai angka lebih dari 9,2 juta vote dan 3 juta stream di mana keduanya memiliki poin yang sama dan tersebar lewat beberapa pilihan kategori.


Kategori tersebut, yakni Song of the Year, Collaboration of the Year, New Artist of the Year, Social Media Artist of the Year, Male Singer of the Year, Female Singer of the Year, Duo/Group/Band of the Year, Alternative Song of the Year, Throwback Hits of the Year, Songwriter/Composer of the Year, Album of the Year, Top Nada Sambung Pribadi.

CEO PT Melon Indonesia, Dedi Suherman mengatakan, dalam waktu satu minggu voting ini dibuka, website awards.langitmusik.co.id sudah memperlihatkan total vote yang luar biasa. Tentu saja hal tersebut menjadi semangat positif bagi pihaknya.

"Saat ditutup tanggal 29 November kemarin jumlah vote sangat luar biasa hingga menembus lebih dari 12 juta. Hasilnya sudah kami serahkan ke auditor independen untuk digabungkan juga dengan RCTI," ungkapnya.

Vice President Digital Music PT Melon Indonesia, Adib Hidayat menambahkan, IMA 2021 merupakan salah satu penghargaan bagi insan musik dengan basis pilihan penggemar melalui mekanisme voting, sehingga hasilnya sangat obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Mekanisme voting, kami buat transparan dan juga dilakukan audit oleh auditor independen sehingga nantinya nama pemenang yang akan diumumkan pada malam puncak IMA 2021 dapat dipertanggungjawabkan keabsahan serta kredibilitasnya," ujarnya.

Kategori dan Nominasi

IMA 2021 menghadirkan 12 nominasi di mana masing-masing terdapat 5 nominasi. Para nominee sebelumnya telah melalui proses seleksi berdasarkan data stream Langit Musik dalam kurun waktu 2020 - 2021.

Berlanjut ke proses seleksi menjadi 10 nama berdasarkan kategori yang telah ditentukan kemudian dikerucutkan menjadi 5 sebagai nominee. Pertimbangan serta pembobotan tersebut dirangkum berdasarkan dengan metode Qualitative Reasoning and Adjustment dan Validasi dan Verifikasi.

Pertama, Qualitative Reasoning and Adjustment. Data dari streaming di Langit Musik dipastikan relevan dengan tren, serta merupakan gambaran besar sirkulasi lagu dalam platform Langit Musik pada periode Oktober 2020 - Oktober 2021.

Kedua, validasi dan verifikasi dilakukan bersama perwakilan AMDI dan pengamat musik. Proses ini dilakukan untuk memverifikasi serta memvalidasi bahwa data streaming serta Qualitative Reasoning and Adjustment dari pihak Langit Musik, sesuai dengan tren musik dalam kurun waktu yang ditentukan serta relevan dengan radio airplay yang juga menjadi acuan persebaran musik lokal ataupun internasional.

"Nominasi pada Indonesian Music Awards 2021 ini cukup relevan dengan tren musik dalam kurun waktu tahun 2020 dan 2021, terlihat dari deretan nominator yang lagu-lagunya beriringan diputar juga di radio seluruh Indonesia dengan segmennya masing-masing," ujar Head of AMDI (Asosiasi Music Director Indonesia), Prita Prawirohardjo.

Adapun setiap lagu serta musisi yang masuk ke dalam nominasi masing-masing memiliki peluang untuk menjadi pemenang dengan tambahan poin dari voting yang dilakukan via Langit Musik microsite, media sosial, serta aplikasi RCTI+ dalam periode 12 November-29 November 2021 (pukul 00:00 WIB).

Data yang keluar dari hasil voting akan diaudit oleh auditor independen, sehingga nama pemenang yang keluar dapat dipertanggungjawabkan keabsahan serta kredibilitasnya dan akan diumumkan di malam puncak IMA 2021, hari ini.

(osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER