Curhat Melly Goeslaw Soal Royalti: Bahagia di Atas Luka

CNN Indonesia
Senin, 20 Des 2021 19:39 WIB
Melly Goeslaw mengaku merasa selama ini seperti bahagia di atas penderitaan rekan sesama musisi yang tidak seperti dirinya terkait royalti. Melly Goeslaw mengaku merasa selama ini seperti bahagia di atas penderitaan rekan sesama musisi yang tidak seperti dirinya terkait royalti. (Detikcom/Ismail)
Jakarta, CNN Indonesia --

Melly Goeslaw mencurahkan kesulitan yang bisa dialami para musisi yang karyanya dibawakan oleh orang lain dan mendapatkan ketidakadilan terkait royalti, terutama dalam kondisi pandemi yang melanda dua tahun terakhir.

Ia sendiri mengaku merasa selama ini seperti bahagia di atas penderitaan rekan sesama musisi yang tidak seperti dirinya, membawakan lagu ciptaan sendiri.

"Saya selama ini, sebenarnya seperti bahagia di atas luka, kenapa? Karena saya berada di dua tempat sekaligus, saya penyanyi dan pencipta lagu. Jadi dua profesi yang berbeda," kata Melly dalam jumpa media yang digagas Aliansi Musisi Pencipta Lagu Indonesia (AMPLI), Senin (20/12).


Aliansi Musisi Pencipta Lagu Indonesia (AMPLI) menuntut transparansi soal royalti kepada pencipta lagu dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2021 dan Permenkumham Nomor 20 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik.

Melly terhitung beruntung karena bayaran dari aksi panggungnya jauh lebih besar daripada bayaran dari royalti. Namun tidak demikian dengan pencipta lagu yang seratus persen menggantungkan pendapatannya dari hasil penghitungan royalti.

"Saya kebetulan menyanyikan lagu saya sendiri, tapi buat yang lagunya dibawakan orang lain, itu bagaimana nasibnya? Apakah seenak saya? Itu yang saya rasakan saat ini, karena enggak banyak pencipta lagu yang dapat kebahagiaan yang sama dengan penyanyinya," kata Melly.

Melly Goeslaw merupakan salah satu penyanyi sekaligus pencipta lagu dengan deretan hits yang sukses di panggung musik Indonesia, seperti Jika (2012) bersama Ari Lasso, Menghitung Hari (1999), Yang Kumau (1998) dan masih banyak lain.

Selain Melly, hal serupa juga dialami oleh Eross Candra. Musisi yang membuat banyak lagu bagi bandnya, Sheila on 7, ini mengatakan bahwa dirinya kini bertumpu pada penghitungan royalti setelah sepi tawaran manggung akibat pandemi Covid-19.

lanjut ke sebelah...

Cerita Eross Candra

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER