Pengadilan Putuskan Snowdrop Tetap Bisa Tayang

CNN Indonesia
Kamis, 30 Des 2021 11:15 WIB
Pengadilan beralasan peluang publik menganggap dugaan distorsi sejarah yang diarahkan ke Snowdrop itu sebagai fakta, amatlah kecil. Pengadilan beralasan peluang publik menganggap dugaan distorsi sejarah yang diarahkan ke Snowdrop itu sebagai fakta, amatlah kecil. (jTBC via Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengadilan Distrik Barat Seoul memutuskan drama Snowdrop tetap tayang meski mendapat petisi penolakan karena diduga melakukan distorsi sejarah. Pengadilan beralasan bahwa peluang publik menganggap dugaan distorsi sejarah itu sebagai fakta, amatlah kecil.

"Bahkan jika Snowdrop didasarkan pada distorsi sejarah, kemungkinan publik akan menerima [distorsi itu sebagai fakta] secara membabi buta adalah rendah," pernyataan pengadilan seperti dilansir Financial News, Rabu (29/12).

Pengadilan juga menyebut saat ini tidak ada undang-undang yang melindungi gerakan pro-demokrasi Korea dari distorsi sejarah.


Lihat Juga :

Selain itu, pengadilan juga mengaku sulit melihat Snowdrop melanggar hak kelompok sipil karena ceritanya yang tidak secara langsung menargetkan Deklarasi Kewarganegaraan Universal.

"Kecuali jika konten drama secara langsung melibatkan [kelompok sipil], sulit untuk membantah bahwa itu melanggar hak [kelompok]," ujar pengadilan.

Pengadilan menolak petisi yang diajukan Deklarasi Warga Global yang meminta JTBC memberhentikan penayangan drama yang dibintangi Jung Hae-in dan Jisoo BLACKPINK tersebut.

Sebanyak lebih dari 300 ribu warga Korea Selatan meneken petisi nasional Blue House meminta penghentian drama itu. Sementara itu, Blue House atau Kantor Kepresidenan Korsel disebut belum merespons petisi tersebut.

Snowdrop diminta berhenti tayang karena mendistorsi sejarah. Petisi itu menyinggung pemeran utama perempuan yang secara keliru menyelamatkan mata-mata dari gerakan pro-demokrasi. Mata-mata tersebut merupakan pemeran utama pria drama Snowdrop.

Akibat dituding mendistorsi sejarah, Snowdrop ditinggalkan sejumlah sponsor. Nut's Shake menjadi merek pertama yang menarik diri dari drama tersebut. Langkah Nut's Shake yang menarik diri dari drama Snowdrop diikuti perusahaan kue beras Ssarijai dan Heungil Furniture.

[Gambas:Youtube]



Snowdrop mengisahkan Im Su-ho (Jung Hae-in), mahasiswa pascasarjana universitas bergengsi yang berasal dari Jerman dan memiliki banyak rahasia. Su-ho yang bersimbah darah tiba-tiba berlari ke arah asrama perempuan.

Di sana, ia bertemu dengan Eun Young-ro (Jisoo BLACKPINK), mahasiswi sastra Inggris di Universitas Perempuan Hosu.

Young-ro kemudian membantu Su-ho bersembunyi sambil mengobati luka. Di saat bersamaan, Young-ro juga harus berjaga-jaga dari Pi Seung-hee (Yoon Se-ah), pengawas asramanya.

Drama Snowdrop tayang setiap Sabtu dan Minggu di JTBC. Drama ini juga bisa ditonton secara legal di Disney+ Hotstar.

(fby/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER