Komik Langka Hulk Abu-abu Terjual Lebih dari Rp7 Miliar

CNN Indonesia
Kamis, 06 Jan 2022 07:37 WIB
Dalam lelang, komik Hulk edisi pertama, Incredible Hulk #1, terjual lebih dari Rp7 miliar. Dalam lelang, komik Hulk edisi pertama, Incredible Hulk #1, terjual lebih dari Rp7 miliar. Foto: (Arsip comicconnect.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Edisi pertama komik The Incredible Hulk, Hulk #1, yang langka telah terjual hampir setengah juta dolar dalam lelang yang diselenggarakan Comic Connect beberapa waktu lalu.

Salinan langka Incredible Hulk #1 yang terbit pada 1962 dibeli seorang kolektor pribadi seharga US$490 ribu atau sekitar Rp7,05 miliar (US$1= Rp14,4 ribu). Comic Connect mengatakan itu menjadi salinan komik Hulk paling mahal yang pernah terjual.

Komik berusia 60 tahun itu memiliki kover Incredible Hulk dalam warna abu-abu aslinya, bukan hijau yang menjadi ciri khasnya.


Incredible Hulk #1 dibuat Stan Lee bersama Jack Kirby. Komik itu mengisahkan asal Hulk, yakni ilmuwan Dr. Bruce Banner terkena sinar gamma beracun, kemudian berubah menjadi Hulk ketika dia kehilangan kesabaran.

Dalam edisi pertama komik itu, Hulk ditampilkan dengan kulit abu-abu. Namun, Marvel mengubah pewarnaan menjadi hijau seperti yang dikenal saat ini pada edisi kedua komik tersebut.

Komik Hulk #1Foto: (Arsip comicconnect.com)
Lelang komik Hulk #1 mencapai US$490 ribu atau sekitar Rp7,05 miliar.  

Seperti dilansir Comic Connect, hal itu dikarenakan tone abu-abu komik tersebut selalu berubah-ubah di setiap lembar ketika dicetak. Sehingga, Marvel memutuskan mengubahnya menjadi hijau.

"Salinan Hulk No 1 bergradasi tinggi terkenal sulit ditemukan, karena kertas yang digunakan murah dan noda warna abu-abu di sampul depan," kata COO Comic Connect Vincent Zurzolo.

Oleh sebab itu, ia meyakini nilai komik Incredible Hulk #1 akan terus bertambah di masa mendatang.

Meski Incredible Hulk #1 menjadi salinan termahal yang pernah terjual dalam sejarah komik si pahlawan super hijau, perjalanannya masih panjang untuk memecahkan rekor di semesta komik Marvel.

Pada September 2021, komik Spider-Man, Amazing Fantasy #15 yang terbit pada 1962 terjual US$3,6 juta atau sekitar Rp47,4 miliar saat itu. 

(chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER