Profil O Yeong-su, Aktor Korea Pertama Raih Golden Globes Award

fby | CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 19:10 WIB
O Yeong-su raih penghargaan Golden Globes Awards lewat aksinya di serial Squid Game. O Yeong-su raih penghargaan Golden Globes Awards lewat aksinya di serial Squid Game. (Foto: Netflix/Noh Juhan | Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

O Yeong-su jadi aktor Korea pertama yang berhasil memenangkan penghargaan Golden Globes Awards.

Aktor senior tersebut berhasil membawa pulang piala berkat penampilannya dalam serial Netflix Squid Game.

Aktor yang berperan sebagai kakek peserta nomor 01 di Squid Game tersebut membawa pulang piala dalam kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Limited Series or Motion Picture Made for Television.


Setelah menerima penghargaan itu, O Yeong-su disebut berkata pada dirinya sendiri bahwa ia merupakan pria yang baik. Aktor 77 tahun itu juga berterima kasih kepada keluarga serta seluruh pihak yang telah mendukungnya.

"Setelah mendengar berita tentang penghargaan itu [Golden Globe], aku berkata pada diriku sendiri, 'Aku pria yang baik,' untuk pertama kalinya dalam hidupku," ujar O Yeong-soo melalui Netflix seperti dilansir My Daily via Naver pada Senin (10/1).

"Sekarang, bukan lagi 'kita di dalam dunia', tetapi 'dunia di dalam kita'. Sambil memeluk aroma budaya kita dan sambil merangkul cinta untuk keluarga saya jauh di dalam hati saya, saya berterima kasih kepada semua orang," lanjut pria bernama asli O Se-kang itu.

Profil O Yeong-su

O Yeong-su sejatinya bukan nama baru di industri hiburan Korea. Ia mengawali karier aktingnya di panggung teater pada 1963. Ia tergabung dalam kelompok teater The Square.

Ia lalu menjadi anggota Teater Nasional Korea sejak 1987 hingga 2010. Ia telah membintangi lebih dari 200 produksi teater hingga 2013, di antaranya A Confession for a Black Prostitute, A Streetcar Named Desire, dan The Merchant of Venice.

O Yeong-su mulai debut serial dan film pada tahun 1998. Ia kerap berperan sebagai biksu karena pengalamannya dalam drama Buddhis.

Pria kelahiran 1944 tersebut telah membintangi sejumlah drama, termasuk Moon River (2009), The Great Queen Seondeok (2009), God of War (2012), dan Chocolate (20019).

Ia juga telah membintangi tiga film sepanjang kariernya, yaitu Soul Guardians (1998), A Little Monk (2002), dan Spring, Summer, Fall, Winter... and Spring (2003).

O Yeong-su telah mendapat sejumlah penghargaan sepanjang karier aktingnya. Ia memenangkan penghargaan Baeksang Arts Awards 1994 untuk kategori Best Actor Theater.

Ia juga memenangkan penghargaan National Theater Association Of Korea 2000 untuk kategori Best Actor dan National Theater Association Of Korea 2000 untuk kategori Best Actor.

(fby/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER