Alat Musik Tradisional: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

CNN Indonesia
Kamis, 13 Jan 2022 18:56 WIB
Indonesia kaya akan alat musik tradisional yang dimiliki oleh berbagai daerah. Berikut pengertian, fungsi, dan contohnya. Ilustrasi. Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional dari Sabang sampai Merauke. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya dengan warisan budaya tradisional. Salah satunya adalah kekayaan akan alat musik khas Nusantara.

Berikut ini pengertian, fungsi, dan contoh alat musik tradisional.

Hampir setiap daerah di berbagai penjuru Nusantara memiliki alat musik masing-masing. Letak geografis dan ragam kebudayaan lainnya membuat alat musik satu daerah dengan daerah lainnya bisa sangat berbeda.


Tentu saja hal ini semakin menambah kaya warisan kebudayaan asli Tanah Air. Bahkan, ragam warisan budaya nenek moyang ini juga menarik minat wisatawan mancanegara.

Dilansir dari laman Kemenparekraf, berikut ini pengertian, fungsi, dan contoh alat musik tradisional.

Pengertian Alat Musik Tradisional

Satu set gamelan salendro pelok yang hasil produksi Palu Gongso. Dalam musik biasa kata salendro pelok berarti mayor dan minor. Kata salendro berarti mayor dan pelok berarti minor. GamelanGamelan merupakan alat musik tradisional ansambel yang biasa digunakan masyarakat Sunda, Jawa, dan Bali. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)

Alat musik tradisional adalah sebuah instrumen musik atau alat musik yang berkembang pada suatu daerah dan sudah berkembang secara turun temurun.

Alat musik tradisional diciptakan pada daerah tertentu, sehingga alat musik satu wilayah dengan wilayah lainnya pasti berbeda.

Meskipun ada beberapa alat musik yang terlihat mirip, perbedaan akan selalu ada.

Fungsi Alat Musik Tradisional

Alat musik tradisional tiap daerah memiliki kegunaan masing-masing. Biasanya, alat musik ini juga disandingkan dengan warisan budaya tradisional lainnya. Sebut saja tari atau upacara adat.

Alat musik tradisional sendiri memiliki setidaknya 3 fungsi utama.

Fungsi pertama dari alat musik tradisional adalah sebagai alat atau sarana upacara adat yang sudah dilakukan secara turun menurun dan berlangsung sejak lama.

Tak hanya pada upacara adat yang berkaitan dengan kabar gembira seperti perkawinan dan kelahiran, namun alat musik tradisional ini juga digunakan pada upacara kematian.

Selain itu, alat musik tradisional juga kerap digunakan pada upacara keagamaan atau upacara adat lainnya.

Simak selengkapnya mengenai alat musik tradisional di halaman berikutnya..

Alat Musik Tradisional: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER