9 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

tim | CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 18:45 WIB
Film animasi terbaik produksi Pixar, Disney, Ghibli, hingga DreamWorks ini hampir seluruhnya pemenang Oscar. Berikut daftar film animasi terbaik sepanjang masa. Film animasi terbaik produksi Pixar, Disney, Ghibli, hingga DreamWorks ini hampir seluruhnya pemenang Oscar. Berikut daftar film animasi terbaik sepanjang masa. (Foto: Disney/Pixar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Film animasi terbaik sepanjang masa berikut ini tak boleh dilewatkan dari daftar tontonan Anda. Tak sekadar ceritanya yang menghibur, film animasi terbaik juga menyiratkan pesan moral bagi anak maupun orang dewasa.

Daftar film animasi terbaik yang pernah dibuat ini pun hampir seluruhnya pemenang Oscar. Film-film terbaik ini merupakan produksi dari berbagai studio, seperti Pixar, Disney, Ghibli, hingga DreamWorks yang mampu membuat film kartun animasi terbaik sepanjang masa.

Berikut rekomendasi film animasi terbaik, beberapa di antaranya masih dapat disaksikan di layanan streaming seperti Netflix, Disney+, dan sebagainya.



1. Soul (2020)

Film Soulmerupakan salah satu film animasi terbaik sepanjang masa yang berhasil memenangkan Oscar 2021 (Foto: IMDB)

Film animasi terbaik pertama adalah Soul. Film produksi Disney dan Pixar ini berhasil meraih penghargaan Film Animasi Terbaik dalam dalam ajang Oscar 2021. Soul bahkan berhasil mengalahkan Onward (Pixar), Over the Moon (Netflix), Shaun the Sheep Movie: Farmageddon (Netflix).

Soul mengisahkan tentang pria paruh baya bernama Joe Gardner yang bermimpi menjadi pianis jazz. Mimpi itu perlahan ia kejar dengan menjadi guru musik paruh waktu.

Namun saat kesempatannya tampil mendampingi musisi jazz kenamaan tiba, ia mengalami kecelakaan dan membuatnya koma. Selama jiwanya melayang-layang di The Great Before, ia mulai memahami arti kehidupan.


2. Toy Story 4 (2019)

Film Toy Story 4Toy Story 4 merupakan salah satu film animasi terbaik sepanjang masa (Foto: Disney/Pixar)

Toy Story 4 merupakan animasi ke-10 produksi Pixar yang memenangkan piala Best Animated Feature di Oscar 2020. Di ajang tersebut, Toy Story 4 berhasil menyaingi How to Train Your Dragon: The Hidden World, The Missing Link, I Lost My Body, dan Klaus.

Toy Story 4 masih mengisahkan mainan manusia yakni Woody, Buzz, Mr. dan Mrs. Potato Head, dan lainnya yang terlibat dalam petualangan baru. Saat itu, Woody bertemu dengan Forky, teman baru yang dibuat Bonnie.

Petualangan Woody dan mainan lainnya dimulai ketika Forky melarikan diri dari keluarga Bonnie karena merasa dirinya adalah sampah, bukannya mainan. Woody tak ingin Bonnie bersedih karena kehilangan mainan kesayangannya, seperti yang pernah dialami Andy saat kehilangan dirinya.


3. Coco (2017)

Film COCOCoco menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa (Dok. Pixar Animation Studios & Walt Disney Pictures via imdb.com)

Film animasi asal Amerika produksi Pixar Animation Studios serta Walt Disney Pictures ini dipilih sebagai Film Animasi Terbaik 2017. Film ini memenangkan banyak penghargaan sekaligus, di antaranya Academy Awards untuk Film Animasi Terbaik dan Lagu Asli Terbaik "Remember Me".

Film animasi Coco menyoroti kisah dari Miguel Rivera, bocah laki-laki asal Meksiko yang tinggal bersama keluarga besarnya dan nenek buyutnya bernama Coco di sebuah desa kecil.

Miguel bercita-cita menjadi penyanyi dan ia pun senang bermusik. Namun mimpinya itu sangat ditentang karena musik adalah hal yang sangat dilarang bagi keluarganya.


4. How to Train Your Dragon (2010)

Film HOW TO TRAIN YOUR DRAGON: THE HIDDEN WORLDHow to Train Your Dragon merupakan salah satu film animasi terbaik sepanjang masa (Foto: Courtesy of DreamWorks)

How to Train Your Dragon mengikuti kisah remaja muda Viking bernama Hiccup yang bercita-cita mengikuti tradisi sukunya menjadi pembunuh naga. Hal tersebut dilatai karena desanya kerap diserang naga yang suka merusak dan mencuri ternak.

Usai menangkap naga pertamanya Night Fury dan hendak membunuhnya, Hiccup menyadari bahwa dirinya tidak ingin membunuh naga itu. Ketika Night Fury terjerat dalam perangkap, Hiccup melepaskannya.

Setelah kejadian itu, keduanya malah berteman bahkan Hiccup menyebut naga itu dengan panggilan Toothless. Film animasi produksi DreamWorks Animation ini sukses secara komersial dan berhasil menjadi box office.

Daftar film animasi terbaik sepanjang masa lainnya lanjut halaman dua...

Film Animasi Terbaik: Up hingga Grave of the Fireflies

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER