Will Smith Dilarang Hadiri Acara Oscar Selama 10 Tahun

CNN Indonesia
Sabtu, 09 Apr 2022 02:37 WIB
Will Smith dilarang menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan, buntut dari tamparan yang dilakukannya terhadap Chris Rock di atas panggung Oscar. Will Smith dilarang menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan, buntut dari tamparan yang dilakukannya terhadap Chris Rock di atas panggung Oscar. (REUTERS/BRIAN SNYDER).
Jakarta, CNN Indonesia --

Will Smith  dilarang menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan. Larangan itu merupakan buntut dari aksi yang dilakukannya terhadap Chris Rock di atas panggung Oscar tahun ini.

Larangan diumumkan langsung oleh The Academy of Motion Pictures Arts & Sciences.

"Academy telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Tuan Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program Akademi apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk namun tidak terbatas pada Academy Awards," Presiden Akademi David Rubin dan CEO Dawn Hudson seperti dikutip dari CNN.com, Sabtu (9/4).


Keputusan itu dibuat dalam rapat dewan academy yang diadakan pada Kamis (8/4) kemarin di Los Angeles. Keputusan itu muncul setelah banyak kalangan memperdebatkan konsekuensi yang harus ditanggung oleh Will Smith atas aksinya tersebut.

Dalam keputusannya, academy juga menambahkan," Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu; namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang kami lihat Mr. Smith tunjukkan di atas panggung."

"Selama siaran kami, kami tidak cukup menangani situasi di ruangan itu. Untuk ini, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga Akademi kami di seluruh dunia, dan kami gagal - tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata mereka.

Will Smith menampar Chris Rock di panggung acara Oscar 2022 pada Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles.

Kejadian bermula ketika Chris Rock memutuskan untuk berguyon sebelum membacakan pemenang kategori film dokumenter terbaik. Orang yang ia jadikan bahan guyon adalah istri Will Smith, Jada Pinkett.

Kala itu, Jada Pinkett tampil botak usai mencukur habis rambutnya. Ia melakukan hal tersebut karena berkaitan dengan penyakit alopecia yang ia idap dan menyebabkan rambutnya rontok.

"Jada aku mencintaimu, 'G.I. Jane 2,' tidak sabar untuk melihatnya.," canda Rock kepada Jada Pinkett merujuk pada film G.I. Jane (1997) saat Demi Moore tampil botak.

Semula Will Smith masih cengengesan mendengar candaan tersebut meski Jada Pinkett terlihat kamera sudah berwajah kesal. Hingga tak lama kemudian, Will Smith naik ke atas panggung.

Kedatangan Will Smith ke atas panggung tak diduga oleh Chris Rock. Ia semula mengira Will Smith akan ikut berguyon, hingga ayunan tangan aktor tersebut mendarat keras di pipi Chris Rock.

Suara yang ditimbulkan akibat tamparan tersebut cukup keras hingga terdengar oleh seluruh penonton di Dolby Theatre dan masuk ke siaran langsung.

Selain itu, aksi Will Smith menampar Chris Rock tersebut membuat penonton di lokasi atau yang menyaksikan siaran langsung tercengang.

Tak hanya menampar, Will Smith juga sempat berteriak kepada Chris Rock ketika kembali ke tempat duduknya, "jangan sebut-sebut istri saya!"

(cnn.com/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER