Drama Who Rules The World Dituding Plagiat hingga Lukai Hewan

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 04 Mei 2022 21:59 WIB
Drama China terbaru Yang Yang dan Zhao Lusi, Who Rules the World, dituduh lakukan plagiarisme dan melukai hewan. Drama China terbaru Yang Yang dan Zhao Lusi, Who Rules the World, dituduh lakukan plagiarisme dan melukai hewan. Foto: (dok. WeTV via Twitter)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu drama terbaru China, Who Rules the World, dituding plagiat dan melukai hewan yang tampil di dalamnya. Netizen China menunjukkan kesamaan plot drama tersebut dengan Royal Nirvana (2019).

Kedua drama China tersebut menceritakan seorang pangeran yang terjebak dalam politik istana dan tidak disukai ayahnya. Who Rules the World dan Royal Nirvana juga mengisahkan penipuan. Netizen menyoroti kesamaan dialog dalam kedua drama itu.

Who Rules the World dan Royal Nirvana merupakan hasil adaptasi novel berbeda. Who Rules the World hasil adaptasi novel Qie Shi Tian Xia, sedangkan Royal Nirvana hasil adaptasi novel bertajuk serupa karya Xue Man Liang Yuan.

Oleh sebab itu, seperti diberitakan The Strait Times pada Selasa (3/5), tuduhan plagiat ditujukan kepada penulis naskah drama Who Rules the World, bukan sang penulis novel.

Penulis novel Who Rules the World Qing Linyue buka suara mengenai tudingan plagiat tersebut di Weibo pada Senin (2/5). Ia mengatakan sama sekali tidak terlibat dalam produksi drama tersebut.

"Saya tidak ikut dalam produksi drama dan belum menyaksikannya. Saya tidak tahu kebenaran dari permasalahan ini tapi saya bisa pastikan kalau novelnya bukan hasil plagiat."

Qing Lingyue juga mengatakan novel tersebut sudah ditulis sejak 2004 dan tidak pernah ada yang menuding novel itu sebagai hasil jiplak dalam 18 tahun terakhir.

Selain isu plagiat, Who Rules the World juga dituding melukai hewan yang tampil dalam drama tersebut.

Dalam salah satu episode terbaru, seekor kuda terlihat berlari kencang dan terjatuh dengan kepala duluan yang jatuh ke tanah. Netizen langsung menyoroti hal tersebut dan menilai kuda tersebut terluka.

Pelatih kuda akrobat drama tersebut buka suara dan membantah tuduhan netizen. Lewat sebuah unggahan video, ia membawa kuda bernama Ferrari tersebut keluar sebagai bukti sang kuda masih hidup dan sehat.

Ia juga mengklaim ada lapisan pasir tebal untuk melindungi kuda tersebut saat terjatuh dan telah melakukan latihan khusus berbulan-bulan.

Namun, netizen tetap skeptis kuda tersebut tidak terluka sama sekali selama syuting drama tersebut.

Who Rules the World merupakan drama China terbaru yang dibintangi Yang Yang dan Zhao Lusi. Drama 40 episode itu bisa ditonton di WeTV dan tayang di Netflix pada 7 Mei.

(chri/chri)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER