Penjelasan Akhir Cerita dan Post-Credit Doctor Strange 2

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 20:20 WIB
Berikut penjelasan akhir cerita dan post-credit Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Berikut penjelasan akhir cerita dan post-credit Doctor Strange in the Multiverse of Madness. (Marvel Studios via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Artikel ini mengandung beberan/spoiler.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness telah tayang di bioskop sejak 4 Mei 2022. Para penggemar pun telah menyaksikan kisah petualangan Doctor Strange melawan segala kegilaan di multiverse.

Akhir adegan dalam Doctor Strange 2 dimulai ketika Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) akhirnya menyadari bahwa obsesi dirinya untuk menguasai kekuatan America Chavez (Xochitl Gomez) membahayakan multisemesta.


Kesadaran Scarlet Witch itu muncul setelah dirinya melihat sendiri anak-anaknya di Earth-838 ketakutan melihat dirinya. Apalagi ketika ia melukai dirinya pada versi semesta tersebut.

Ketakutan itulah yang membuat Scarlet Witch bahwa keputusan ia untuk bisa menguasai dirinya di semesta lain hanya demi bersama anak-anak yang tak bisa ia miliki di dunianya sejatinya melukai dirinya sendiri.

Wanda Maximoff di versi Earth-838 pun meyakinkan Scarlet Witch bahwa anak-anak mereka akan dicintai dan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Ketika kembali ke semesta MCU, Scarlet Witch merasa bahwa dirinya sudah melakukan hal yang salah akibat penggunaan sihir hitam yang amat berbahaya dari Darkhold.

Maka ia memutuskan untuk melenyapkan sumber dari Darkhold, yaitu kuil yang terletak di puncak Gunung Wundagore.

Di kuil tersebut, mantra-mantra hitam yang dibuat oleh Chthon, yang merupakan demon pertama di semesta, terukir dan kemudian dikopi ke dalam buku dan diberi nama Darkhold.

Scarlet Witch atau Wanda Maximoff dalam Doctor Strange 2 atau Doctor Strange in the Multiverse of Madness.Akhir adegan dalam Doctor Strange 2 dimulai ketika Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) akhirnya menyadari bahwa obsesi dirinya untuk menguasai kekuatan America Chavez membahayakan multisemesta. (dok. Marvel Studios via IMDb)

Scarlet Witch, yang memiliki kekuatan amat super karena menyerap kekuatan Agatha Harkness sekaligus Darkhold, menghancurkan kuil tersebut.

Kehancuran kuil tersebut diduga juga melenyapkan Darkhold yang berada di semesta lain. Hal ini terlihat ketika Darkhold yang digunakan Strange di Earth-616 terbakar dan lenyap.

Akan tetapi, nasib Scarlet Witch usai kuil Chthon hancur belum diketahui. Apalagi gambar Doctor Strange 2 menunjukkan seolah-olah kuil tersebut hancur menimpa Scarlet Witch.

Meski begitu, pengorbanan penyihir terkuat itu tampak tak sia-sia. Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) kembali dalam kehidupan normal. Ia bahkan memilih untuk memperbaiki jam pemberian mantannya, Christine Palmer.

Jam tersebut sempat menjadi penyelamat Doctor Strange saat membuka pintu untuk mendapatkan Book of the Vishanti di semesta lain.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (Doctor Strange 2)Jam yang dipakai Doctor Strange sempat menjadi penyelamat dirinya saat membuka pintu untuk mendapatkan Book of the Vishanti di semesta lain. (Marvel Studios via IMDb)

Setelah dunia kembali tampak normal, Strange kembali ke Kamar-Taj dan membantu Wong membangun kembali tempat itu usai hancur saat melawan Scarlet Witch.

Strange sempat melakukan percakapan mendalam bersama Wong, terutama soal kebahagiaan sejati.

Di tempat itu pula, tampak America Chavez tengah menjadi salah satu murid. Ia pun mengaku latihan yang ia jalani lebih sulit dibanding membuka portal ke semesta lain.

Adegan itu mengingatkan akan kisah Stephen Strange saat memulai pelatihan di Kamar-Taj saat film Doctor Strange (2016).

Walau semua tampak normal dan Doctor Strange tampak kembali bahagia, ia tak mengetahui bahwa perbuatannya melintasi semesta dan menggunakan Darkhold demi menghentikan Scarlet Witch akan ada akibatnya.

Hal itu terlihat ketika Doctor Strange tertunduk saat di tengah jalan dan merasa kesakitan. Sesaat kemudian, sebuah mata muncul dari dahinya dan membuat Strange memiliki mata ketiga.

Mata ketiga di dahi Strange itu bernama the Eye of Agamotto dan tampak serupa seperti Strange Supreme yang ia temui saat berusaha melawan Scarlet Witch.

Penjelasan post-credit Doctor Strange 2 ada di sebelah...

Penjelasan Post Credit Doctor Strange 2

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER