Seleksi Festival Sunday Movie Dirilis, Sandiaga Dorong Sineas Muda

Kemenparekraf | CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 12:24 WIB
Seleksi Festival Sunday Movie dirilis, Menparekraf berharap para sineas muda terus kembangkan kreativitas untuk dorong industri kreatif dan buka lapangan kerja. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap hasil seleksi Festival Sunday Movie (FSM) yang diumumkan menjadi motivasi untuk membuka lapangan kerja. (Foto: Arsip Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Festival Sunday Movie (FSM) periode Mei 2022 telah selesai melakukan tahapan seleksi dan kurasi dan memunculkan sejumlah karya menarik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap pengumuman hasil seleksi FSM dapat memantik motivasi segenap pihak terkait untuk memperluas pembukaan lapangan kerja.

Official selection peringkat pertama untuk periode Mei berhasil diraih film berjudul 'Pesen Pungkasan' karya Sutradara Rano Firmansyah, produksi Tolede Production.


Sementara itu, peringkat kedua diraih oleh film berjudul "Di Bawah Langit yang Sama' karya Sutradara Adih Saputra, produksi Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Arah Creative.

Sandiaga pun mengucapkan selamat atas terpilihnya kedua film tersebut. "Untuk tim produksi film 'Pesen Pungkasan' dan 'Di Bawah Langit yang Sama' kami ucapkan selamat menjadi official selection periode Mei," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga juga menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang sudah berpartisipasi di FSM periode Mei.

"Salut buat kalian yang tetap semangat berkarya, meluangkan waktunya berpartisipasi di tengah momentum Idulfitri, dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional," lanjut Sandiaga.

Dari puluhan peserta, sebanyak 75 persen adalah wajah-wajah baru. Karya film yang didaftarkan pun didominasi oleh film baru. Sandiaga berharap akan semakin banyak sineas muda yang termotivasi mengikuti FSM, sehingga peluang usaha melalui industri kreatif terbuka luas.

"Dari FSM kami melihat anak-anak muda Indonesia memiliki berbagai macam talenta dan berdaya saing. Semakin banyak sineas yang termotivasi mengikuti FSM, peluang usaha serta lapangan kerja baru di bidang industri kreatif akan semakin terbuka luas," tuturnya.

Menurut Sandiaga, hal ini merupakan salah satu langkah cerdas untuk membangkitkan ekonomi kreatif di era pasca pandemi. Sebagaimana diketahui bahwa film adalah subsektor yang terbukti cepat menyerap tenaga kerja.

Lebih lanjut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun sudah menyiapkan berbagai apresiasi bagi kedua film terpilih di antaranya sertifikat, kit FSM, dan penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf sebagai bagian dari ekshibisi.

Film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan dan berhak menjadi nominasi pada Annual Awards FSM yang diselenggarakan pada November mendatang bersama film-film terpilih lainnya.

Sandiaga juga berharap dengan terpilihnya dua Official Selection yang berbeda genre tersebut bisa memicu para kreator muda untuk terus menghasilkan karya unik, semakin berkualitas, dan bisa mempromosikan daerahnya.

"Ayo, optimalkan semua potensi yang kita punya, bangkitkan ekonomi kreatif dengan berkarya #DiIndonesiaAja," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengimbau kepada peserta yang belum terpilih agar jangan berhenti berkarya dan tetap mendaftarkan karya terbaiknya di FSM periode Juni mendatang, "Karena MAHAKARYA akan selalu menemukan jalannya," pesan Sandiaga kepada para sineas muda.

(aor/aor)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER