BTS Umumkan Hiatus, Fokus Proyek Solo

rds | CNN Indonesia
Selasa, 14 Jun 2022 21:29 WIB
Boyband asal Korea Selatan, BTS, mengumumkan akan vakum untuk sementara waktu demi mengembangkan proyek solo. Boyband asal Korea Selatan, BTS, mengumumkan akan vakum untuk sementara waktu demi mengembangkan proyek solo. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Boyband BTS mengumumkan akan hiatus atau vakum untuk sementara waktu menyusul rencana para anggotanya yang ingin fokus membuat proyek solo.

BTS mengumumkan kabar hiatus ini saat FESTA yang merupakan bagian dari perayaan ulang tahun band tersebut berdiri. Bulan ini, BTS memperingati sembilan tahun mereka terbentuk.

Sang leader, RM, mengatakan meskipun BTS telah mencapai begitu banyak prestasi, para anggotanya masih perlu tumbuh dan berkembang sebagai individu.


"Saya selalu berpikir bahwa BTS berbeda dari grup lain, tetapi masalahnya K-Pop dan sistem idol (di Korea Selatan) adalah mereka tidak memberikan Anda ruang untuk tumbuh dan berkembang sebagai pribadi dewasa. Anda harus terus memproduksi musik dan melakukan sesuatu," kata RM.

RM menambahkan dia sekarang ingin meminta waktu untuk berpikir terkait langkah selanjutnya dari BTS baik itu sebagai individu dan juga sebagai grup.

Anggota BTS lainnya mengatakan memutuskan untuk vakum sementara adalah keputusan yang sulit. Mereka khawatir keputusan hiatus mengecewakan para penggemar, Army.

"Kami tidak bisa tidak memikirkan fan kami, apa pun yang terjadi, kami ingin menjadi jenis artis yang diingat oleh penggemar kami. Saya pikir sekarang kami mulai berpikir tentang artis seperti apa yang kami masing-masing ingin dikenang oleh penggemar kami, "kata Jimin seperti dikutip NME.

"Saya pikir itu sebabnya kami sedang melalui masa sulit sekarang, kami mencoba menemukan identitas kami dan itu adalah proses yang melelahkan dan panjang," paparnya menambahkan.

Pada 2019, rumor BTS akan hiatus juga sempat keluar. Saat itu, perwakilan BTS memberikan klarifikasi atas laporan hiatus yang "diperpanjang" untuk grup tersebut. Ia menjelaskan bahwa rencana hiatus itu hanya lah istirahat "singkat".

"Periode istirahat ini akan menjadi kesempatan bagi anggota BTS, yang tanpa henti mendorong diri mereka sendiri menuju tujuan mereka sejak debut, untuk mengisi ulang dan mempersiapkan diri untuk menampilkan diri mereka yang baru sebagai musisi dan pencipta," tulis unggahan perwakilan BTS tersebut.

"Ini juga akan memberi mereka kesempatan untuk menikmati kehidupan biasa anak muda di usia 20-an, meskipun sebentar."

Pesan itu selanjutnya mengatakan bahwa anggota BTS "akan beristirahat dan mengisi ulang energi dengan cara pribadi mereka sendiri" selama istirahat, sambil meminta penggemar untuk menghormati privasi mereka.

Pengumuman hiatus ini muncul setelah BTS merilis video musik 'Yet To Come (The Most Beautiful Moment)' yang merupakan judul lagu dari album kompilasi baru mereka 'Proof'.

'Proof' adalah kompilasi 48 lagu yang mencakup banyak single hit boyband, dari 'Boy With Luv' yang menampilkan Halsey hingga single debut mereka 'No More Dream'.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER