10 Rekomendasi Film tentang Tinju Terbaik, Rocky hingga Creed

tim | CNN Indonesia
Kamis, 28 Jul 2022 16:30 WIB
Berikut rekomendasi film tentang tinju terbaik, beberapa di antaranya mengangkat tentang kisah nyata para petinju profesional. Berikut rekomendasi film tentang tinju terbaik, beberapa di antaranya mengangkat tentang kisah nyata para petinju profesional. (dok. MGM/Warner Bros Pictures/Creed)
Jakarta, CNN Indonesia --

Film tentang tinju atau boxing seolah tidak pernah membosankan. Setiap tahun ada saja film tentang olahraga dan seni bela diri ini di layar lebar, khususnya dari industri film Hollywood.

Maklum saja, tinju memang salah satu olahraga populer di Amerika Serikat. Tak heran, banyak petinju kebangsaan AS yang terkenal di publik.

Sebut saja, Muhammad Ali, Mike Tyson, dan Sugar Ray Leonard. Begitu juga dengan Roy Jones Jr, Oscar De La Hoya, hingga Floyd Mayweather Jr.

Saking melegendanya, kisah hidup para petinju profesional itu diangkat ke dalam film. Selain berisi perjalanan karier mereka, film boxing juga berisi nilai-nilai kehidupan yang bisa dipetik oleh penonton, seperti semangat, kegigihan, kerja keras, hingga popularitas.

Di sisi lain, film tentang tinju juga menjadi film action terbaik. Sebab, ada berbagai adegan laga yang memukau.

Berikut 10 rekomendasi film tentang tinju untuk pembaca CNNIndonesia.com.


1. Rocky (1976)

Sylvester Stallone dalam RockyRekomendasi film tentang tinju, Rocky (Metro-Goldwyn-Mayer)

Rocky merupakan salah satu film tinju terbaik. Film yang dibintangi oleh Sylvester Stallone sebagai Robert 'Rocky' Balboa ini mendapat banyak pujian dari banyak pihak.

Bahkan, Rocky mendapat penghargaan Oscar sebagai Film Terbaik. Tak heran bila IMDb memberi skor 8,1 untuk film dari sutradara John G. Avildsen tersebut.

Film ini berkisah tentang Rocky, petinju di sebuah gym yang diberhentikan oleh manajernya. Ia pun berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menjadi penagih utang.

Suatu waktu Rocky mendapat tawaran untuk melawan Apollo Creed (Carl Weathers), petinju dunia. Ia pun berlatih keras bersama pelatihnya, Mickey Goldmill (Burgess Meredith) untuk bisa mengalahkan Creed.


2. Raging Bull (1980)

IMDb mengganjar Raging Bull dengan skor 8,2 dan merupakan rating tertinggi di antara film tinju terbaik. Tak hanya itu, Robert De Niro sebagai pemeran utama, Jake LaMotta, juga mengantongi penghargaan Best Actor in a Leading Role dari penampilannya di film ini.

Ini merupakan film biografi drama olahraga hitam putih mengenai Jake LaMotta, petinju kelas menengah kebangsaan Italia-AS. Kendati populer, namun kehidupannya berantakan karena sifat buruknya.

LaMotta memiliki kemarahan yang obsesif dan kecemburuan seksual yang akhirnya menghancurkan hubungannya dengan istri dan anaknya. Joey (Joe Pesci), adik LaMotta berusaha menolong kakaknya untuk menyelesaikan masalahnya.


3. Ali (2001)

film Ali (2001)Rekomendasi film tentang tinju, Ali (Columbia Pictures)

Siapa yang tak kenal Muhammad Ali, petinju kelas berat juara dunia? Film ini mengangkat soal kisah hidup yang tak hanya sukses menjadi juara, namun juga kontroversinya.

Dalam film ini, sosok Ali diperankan oleh Will Smith. Film tentang tinju ini menampilkan pertarungan kelas berat antara Ali dan Sonny Liston. Kemudian, perjalanan Ali memeluk Islam dan kritiknya terhadap Perang Vietnam.

Begitu juga dengan kisahnya yang sempat keluar dari dunia tinju hingga akhirnya kembali dan berhasil menjadi juara dunia setelah mengalahkan George Foreman dalam pertarungan The Rumble in The Jungle. Film ini juga menyinggung soal kebangkitan sosial-politik di AS.


4. Undisputed (2002)

Undisputed merupakan film tentang petinju di penjara bernama George 'The Iceman' Chambers (Ving Rhames). Ia dijebloskan ke penjara, Sweetwater, karena kasus pemerkosaan.

Namun tak disangka, penjara itu juga punya kompetisi tinju ilegal yang menjadi ajang taruhan terbesar di antara para napi. Salah satu petinju terkenal di penjara bernama Monroe 'Undisputed' Hutchen (Wesley Snipes).

Mereka pun bertemu di ring tinju di dalam penjara untuk membuktikan siapa yang akan menjadi juara tinju sebenarnya.

Gif banner Allo Bank


Rekomendasi film tinju lainnya, lanjut halaman dua...

Rekomendasi Film tentang Tinju

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER