Terselip Kata Ofensif, Beyonce Akan Ganti Lirik dari Album Renaissance

CNN Indonesia
Selasa, 02 Agu 2022 11:50 WIB
Beyonce akan mengganti sebuah kata dari salah satu lagu di album barunya, Renaissance, karena menyinggung kaum penyandang disabilitas. Beyonce akan mengganti sebuah kata dari salah satu lagu di album barunya, Renaissance, karena menyinggung kaum penyandang disabilitas. (Foto: Justin Sullivan/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beyonce akan mengganti sebuah kata dari salah satu lagu di album barunya karena menyinggung kaum penyandang disabilitas. Hal ini mengikuti munculnya berbagai kritikan dari para pendengar.

Dalam lirik lagu Heated yang masuk ke dalam album teranyar Beyonce bertajuk Renaissance, terdapat kata "spaz" yang memiliki arti kejang. Jika diartikan dalam bahasa medis, "spaz" merujuk yang menyebabkan penyandang disabilitas sulit menggerakan otot tangan dan kaki dengan normal.

Perwakilan dari pihak Beyonce berjanji akan mengubah lirik lagu tersebut.

"Kata tersebut, yang tidak digunakan dengan sengaja dengan tujuan yang merugikan, akan diganti," tulis pihak Beyonce dalam pernyataan kepada Variety, Senin (1/8) waktu AS.

Seorang penulis bernama Hannah Divviney menuliskan kritik kepada Beyonce lewat esai yang diterbitkan di The Guardian. Divviney, yang merupakan penyandang disabilitas, menyayangkan seorang diva besar bisa menggunakan bahasa yang menyingung perasaan para disabilitas.

"Komitmen Beyonce untuk mendongeng secara musik dan visual tak tertandingi, seperti kekuatannya untuk membuat dunia mendengarkan narasi, perjuangan, dan pengalaman hidup bernuansa menjadi seorang perempuan kulit hitam," tulis Hannah Divviney.

"Tapi itu tidak menjadi alasan bagi dia untuk menggunakan bahasa [yang menyinggung disabilitas]," lanjutnya.

Sebelumnya, album baru Beyonce berjudul Renaissance juga diterpa masalah lain. Album teranyarnya itu sempat bocor tepat 36 jam sebelum perilisan resmi.

Meski begitu, dalam pernyataan yang diunggah di media sosialnya, Beyonce berterima kasih kepada seluruh penggemarnya karena lebih memilih bersabar menunggu hingga tanggal perilisan resmi.

"Jadi, albumnya bocor, dan kalian semua sungguh menunggu hingga waktu perilisan yang selayaknya sehingga kalian semua bisa menikmatinya bersama-sama," kata Beyonce dalam pernyataan beserta foto pose terbaru dirinya.

"Saya belum pernah melihat seperti ini. Saya tak bisa cukup berterima kasih atas cinta dan perlindungan kalian," lanjutnya.

"Saya menghargai kalian yang memperingati siapapun yang mencoba membocorkan ini lebih awal sebelum perilisan. Ini sungguh berarti bagi saya," kata Beyonce.

[Gambas:Video CNN]



Album baru Beyonce bertajuk Renaissance berisi 16 lagu yang sudah rilis sejak 29 Juli 2022. Beberapa lagu dalam tracklist ini mencakup judul-judul menarik seperti America Has a Problem, Alien Superstar, hingga Thique.

Pada 1 Juli lalu, Beyonce memamerkan sampul album Renaissance sekaligus membagikan pengalamannya membuat album ini.

"Membuat album ini memberikan saya sebuah tempat untuk bermimpi dan menemukan pelarian selama momen menakutkan bagi dunia," kata Beyonce dalam keterangantersebut.

"Ini memberikan saya untuk merasa bebas dan bertualang dalam momen ketika sedikit sekali ada pergerakan. Niat saya adalah menciptakan tempat yang amat, tempat tanpa penghakiman," katanya.

Gif banner Allo Bank
(tdh/pra)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER