Tak Kampanye 'One China', Penyanyi Taiwan Diburu Netizen Tiongkok

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 13:44 WIB
Penyanyi Taiwan Jolin Tsai jadi target komentar netizen China karena tak ikut #ThereIsOnlyOneChina yang dilakukan sebelum kunjungan Pelosi ke Taiwan. Penyanyi Taiwan Jolin Tsai jadi target komentar netizen China karena tak ikut #ThereIsOnlyOneChina yang dilakukan sebelum kunjungan Pelosi ke Taiwan.Foto: (AFP/MARCO BERTORELLO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi Taiwan Jolin Tsai jadi salah satu sasaran netizen China setelah Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan pekan lalu.

Dugaan muncul setelah nama Tsai sempat di-mention China Media Group di Weibo pada Kamis (4/8). Dalam unggahan itu, lagu Womxnly (2018) yang dinyanyikan Tsai dipuji karena disebut "memberikan kepastian bagi kaum muda."

Seperti diberitakan Strait Times, Senin (8/8), unggahan tersebut ternyata menghilang tak lama setelah itu. Di saat bersamaan, jumlah pengikut Tsai di akun Weibo turun sekitar 300 ribu akun.

Netizen kemudian menduga hal itu merupakan akibat dari sikap Tsai usai kunjungan Pelosi ke Taiwan. Tsai juga menjadi salah satu artis yang tak ikut dalam gerakan #ThereIsOnlyOneChina di Weibo.

Gerakan itu dimulai CCTV News yang mengunggah gambar dengan tulisan 'Hanya ada satu China di dunia' beberapa saat sebelum Nancy Pelosi tiba di Taiwan.

Lebih dari 100 artis China, Hong Kong, dan Taiwan mengomentari unggahan itu, menuliskan #ThereIsOnlyOneChina, atau mengunggah ulang gambar tersebut di akun Weibo masing-masing.

Namun, Tsai diduga tak ikut dalam gerakan itu. Penyanyi itu sudah tidak mengunggah apapun sejak 18 Juli. Unggahan terakhir Tsai di Weibo menampilkan momen ia sedang merajut.

Netizen China kemudian meramaikan kolom komentar unggahan itu dan menuding sang aktris mendukung kemerdekaan Taiwan.

Jolin Tsai belum buka suara mengenai tudingan itu.

[Gambas:Video CNN]



Tsai bukan satu-satunya selebriti yang menjadi sasaran netizen China usai kunjungan Pelosi ke Taiwan. Penyanyi Taiwan lainnya, yaitu Hebe Tien juga turut jadi target netizen.

Tien harus menghapus dua foto dirinya di Instagram yang tengah menikmati spaghetti akibat tudingan mendukung kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan. Ketua DPR AS itu merupakan keturunan Italia.

Lagu Tien yang berjudul Small Island (2010) juga dituding netizen mendukung kemerdekaan Taiwan. Akibatnya, lagu dan informasi mengenai Tien dihapus dari layanan streaming musik China, Migu Music.

Selain Tsai dan Tien, penyanyi sekaligus aktor Taiwan Aaron Yan juga terkena imbas. Merek busana On Identify memutuskan hubungan dengan Yan usai ia menulis bertanya kepada fan di Facebook lebih suka sarapan ala Amerika atau Taiwan.

China mengecam kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi ke Taiwan pada Selasa (2/8). China menganggap kunjungan itu sebagai dukungan kemerdekaan di wilayah itu. Taiwan sendiri telah lama mendeklarasikan kemerdekaan atas wilayahnya.

Tak lama setelah kunjungan tersebut, China melancarkan latihan militer di sekitar perairan Taiwan. Kementerian Taiwan mencatat jumlah jet tempur dan kapal perang China yang mendekati mereka menembus rekor baru.

Gif banner Allo Bank

(blq/chri)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER