7 Rekomendasi Film Netflix tentang 'Mental Health'

tim | CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 15:45 WIB
Tidak hanya menghibur, banyak pesan yang dapat diambil dari film ini. Berikut rekomendasi film Netflix tentang mental health. Rekomendasi film Netflix tentang mental health. (Netflix/I'm Thinking of Ending Things)
Jakarta, CNN Indonesia --

Isu tentang kesehatan mental atau mental health akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. Bahkan tak sedikit film yang mengangkat tema tentang kesehatan mental.

Platform streaming Netflix memiliki cukup banyak koleksi film dengan tokoh yang mengidap masalah mental. Berikut rekomendasi film Netflix tentang mental health.

Tidak hanya menghibur, banyak pesan yang dapat diambil dari kisah-kisah yang diangkat dalam film berikut. Simak daftarnya.

1. To The Bone (2017)

To The Bone dirilis Netflix Original pada tahun 2017 yang dibintangi oleh Lily Collins sebagai Ellen, wanita muda yang menderita anoreksia.

Film ini memberikan gambaran tentang masalah seseorang dengan anoreksia dan lika-liku proses penyembuhannya.


2. Black Swan (2010)

Black Swan (2010)Rekomendasi film Netflix tentang mental health, Black Swan  (Foto: Fox Searchlight Pictures)

Black Swan mengungkap sisi lain kehidupan seorang balerina. Cerita ini berfokus pada sosok Nina Sayers (Natalie Portman) pebalet yang tengah mempersiapkan diri untuk pementasan.

Usaha yang harus dilakukannya pun tidak mudah, bahkan penuh dengan hal-hal di luar dugaan.

Terlebih, ternyata Nina mengalami gangguan psikis yang membuatnya dihantui oleh pikiran jahat yang menuntut dirinya sempurna mendalami peran.


3. Joker (2019)

Sosok Joker tak hanya mengangkat karakter penjahat ikonis di DC Comics, tapi juga menyoroti tentang isu kesehatan mental.

Joker atau Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) dikisahkan mengidap pseudobular affect atau gangguan mental yang membuat pengidapnya merespons kejadian dengan tawa atau tangisan yang tak terkendali.

Kondisi tersebut ternyata tak muncul tiba-tiba, melainkan berawal dari perlakuan masyarakat dan orang terdekat yang kerap mengucilkannya.

Untuk melampiaskan depresi sekaligus membuat dirinya merasa puas, Arthur justru melakukan hal-hal buruk di luar dugaan.


4. Silver Linings Playbook (2012)

Silver Linings Playbook (2012)Rekomendasi film Netflix tentang mental health, Silver Linings Playbook (Foto: The Weinstein Company via Imdb)

Silver Linings Playbook adalah salah satu film yang mengangkat isu masalah kejiwaan. Disutradarai oleh David O Russell, film ini berkisah tentang dua orang dengan masalah mental yang menjalin hubungan dekat.

Pat (Bradley Cooper) adalah seorang pria yang didiagnosis mengidap bipolar disorder. Setelah keluar dari rumah sakit jiwa tempatnya dirawat, Pat bertekad untuk kembali dengan mantan istrinya.

Namun, di tengah usahanya, Pat bertemu Tiffany (Jennifer Lawrence), seorang perempuan yang mengalami depresi sejak lama.


5. The Edge Of Seventeen (2020)

The Edge Of Seventeen adalah film yang menggambarkan masa krisis seorang remaja. Nadine Franklin merasa hubungannya dengan sang ibu dan kakak lelakinya tidak harmonis.

Sebaliknya, justru sang ayah yang hanya mengerti dirinya. Sang ayah yang meninggal karena serangan jantung membuat Nadine merasa sendirian.

Masalah semakin pelik ketika Krista (Haley Lu Richardson), sahabatnya sejak kecil malah berpacaran dengan Darian yang tak lain adalah kakak Nadine.

6. I'm Thinking of Ending Things (2020)

I'm Thinking of Ending ThingsRekomendasi film Netflix tentang mental health, I'm Thinking of Ending Things (Netflix)

I'm Thinking of Ending Things merupakan film psychological thriller yang disutradarai Charlie Kaufman.

Film ini menyoroti tentang psikosis, kecemasan, dan bahkan skizofrenia yang diperjuangkan karakter utama, Jake, sepanjang film.


7. Horse Girl (2021)

Salah satu film original Netflix ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Sarah mengidap gangguan jiwa lantaran faktor keturunan dari keluarganya.

Tumbuh sebagai seorang pemalu dan tak punya teman, membuat Sarah hanya memiliki kuda sebagai satu-satunya teman. Suatu ketika hidupnya mulai terusik ketika ia merasa diculik alien saat sedang tertidur.

Film ini dibuat dari sudut pandang Sarah sehingga membuat penonton benar-benar memahami perjalanan dan penderitaannya.

Demikian rekomendasi film Netflix tentang mental health yang bisa disaksikan saat waktu luang. Selamat menonton.

(ira/fef)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER