Di Balik Lagu Ojo Dibanding-bandingke yang Bikin Menteri 'Bergoyang'

CNN Indonesia
Rabu, 17 Agu 2022 16:52 WIB
Lagu campur sari Ojo Dibandingke yang dinyanyikan bocah asal Banyuwangi, Farel Prayoga, sukses menggoyang tamu HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. Lagu campur sari Ojo Dibandingke yang dinyanyikan bocah asal Banyuwangi, Farel Prayoga, sukses menggoyang tamu HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lagu campur sari berjudul Ojo Dibandingke (Jangan Dibandingkan) merebut perhatian seluruh rakyat Indonesia saat dinyanyikan ulang oleh penyanyi cilik asal Banyuwangi, Jawa Timur, Farel Prayoga di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Farel menyanyikan lagu ini usai upacara kenegaraan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8) di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), jajaran menterinya, dan tamu-tamu negara lainnya.

Lagu Ojo Dibandingke sebetulnya adalah lagu percintaan, namun pada penampilannya tersebut Farel memodifikasi lirik jadi 'Di hati ini hanya ada kamu' jadi 'Di hati ini hanya ada Pak Jokowi'.

Jokowi pun terlihat tak dapat menahan tawa mendengar nyanyian bocah SD tersebut.

Lagu Ojo Bandingke sejatinya adalah gubahan sosok bernama Abah Lala. Berbeda dengan Farel yang berasal dari Banyuwangi, Abah Lala merupakan seniman asal Boyolali, Jawa Tengah. Pria bernama asli Agus Purwanto itu pertama kali merilis lagu ini pada 26 April 2022.

Abah Lala pun merespons kala lagu ciptaannya dinyanyikan Farel di Istana Merdeka via akun media sosialnya.

"Puji syukur alhamdulillah terimakasih dek @farel.prayoga.official sudah membawakan lagu saya di depan bapak presiden @jokowi dihari Kemerdekaan Indonesia yg penuh bahagia ini," ujarnya di akun Instagram @abahlalareal.

[Gambas:Instagram]


Lagu Ojo Dibandingke memiliki aransemen ringan serta tatanan suara ramah khas musik campursari membuat lagu ini leluasa untuk diinterpretasikan kembali oleh banyak penyanyi lain.

Popularitas dari lagu Ojo Dibandingke pun tidak dapat dilepaskan dari keberadaan Denny Caknan, penyanyi campursari asal Jawa Timur yang sensasional dan produktif dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak melangsungkan duet bersama sang pemilik, Ojo Dibanding-bandingke ft. Denny Caknan pun meledak di dunia maya.

Hingga kemudian, berbagai penyanyi dari berbagai kalangan usia berduyun-duyun menyumbangkan suara mereka untuk membawakan ulang lagu ini.

Tak hanya Denny Caknan, penyanyi ikonis yang lekat namanya dengan lagu ini tentu saja adalah penyanyi cilik Farel Prayoga. Selain itu terdapat pula Happy Asmara ft. Ndarboy Genk, Yeni Inka, Indah Adella, hingga Fila Tania yang turut

Banyak sekali pengguna TikTok yang kemudian menggunakan lagu tersebut sebagai musik latar di setiap konten yang diunggah.

Kesederhanaan lara yang tertera pada bait pertama pada lagu ini diyakini menjadi pengantar utama bagaimana lagu ini bisa begitu populer.

Wong ko ngene kok dibanding-bandingke (banding-bandingke)
(Orang kayak gini kok dibanding-bandingin)

Saing-saingke, yo mesti kalah
(Disaing-saingkan, ya pasti kalah)

Tak oyak'o, aku yo ora mampu
(Meskipun aku kejar, aku tak akan mampu)

Mung sak kuatku mencintaimu
(Selain hanya sekuat-kuatnya mencintaimu)"

Tanpa tedeng aling-aling, rasa patah hati yang tertuang dalam liriknya memanlah mendalam. Namun melalui aransemen bahagia khas musik campur sari, lirik-lirik nan pedih tersebut tak mampu menandingi kadar keinginan joget dari setiap pendengar Ojo Dibandingke.

Di akhir lagu Ojo Dibandingke, Farel diberi kesempatan untuk menyanyi lagi. Jokowi pun meminta lagu campur sari berjudul Joko Tingkir--lagu yang juga dikenal kerap dinyanyikan Farel di media sosialnya.

"Ini katanya Pak Jokowi tadi, Joko Tingkir, nggeh," kata Farel.

Namun setelah beberapa saat, lagu Joko Tingkir itu urung dilantunkan Farrel. Ia kembali menyanyikan lagu Ojo Dibandingke sekali lagi untuk menggoyang Istana Merdeka.

(far/kid)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER