Bintang Riverdale Dihukum Penjara Seumur Hidup Buntut Bunuh Ibu

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 11:40 WIB
Bintang Riverdale Ryan Grantham dihukum penjara seumur hidup karena menembak mati ibunya. Bintang Riverdale Ryan Grantham dihukum penjara seumur hidup karena menembak mati ibunya. Foto: (CBS Television Pictures via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor Ryan Grantham dihukum penjara seumur hidup karena menembak mati ibunya, Barbara Waite. Putusan itu diberikan setelah Grantham setelah mengaku bersalah atas pembunuhan terhadap ibunya pada 2020.

Mahkamah Agung British Columbia di Vancouver pada Rabu (21/9) memutuskan hukuman seumur hidup terhadap bintang Riverdale dan Diary of a Wimpy Kid tersebut. Dia juga disebut tidak akan memenuhi kriteria pembebasan bersyarat selama 14 tahun.

Seperti diberitakan People pada Kamis (22/9), Hakim Kathleen Ker mengungkapkan pernyataan dari saudara perempuan Grantham. Penembakan yang dilakukan kepada ibu mereka "menghancurkan hidup."

Tak hanya itu, Grantham disebut sangat sadar ketika melakukan hal tersebut. Ryan Grantham berusia 21 tahun ketika menembak ibunya yang sedang bermain piano.

Hakim Ker juga mengatakan Ryan Grantham mengalami masalah kesehatan mental termasuk menyaksikan rekaman kekerasan di web gelap beberapa pekan sebelum menarik pelatuk kepada ibunya.

Oleh sebab itu, Grantham mendapatkan perawatan psikiatris saat di penjara.

Sementara itu, Chris Johnson selaku kuasa hukum Grantham mengatakan kliennya tak kaget ketika mendengar putusan hukuman tersebut.

"Saya pikir dia sudah mengantisipasi yang akan diberikan hakim sebagai hukumannya," kata Johnson.

"Sepertinya dia khawatir dengan semuanya. Dia sesungguhnya orang yang masih kecil dan untuk masuk ke penjara, saya rasa itu menghantui dan menakutkan baginya."

Kata 'kecil' yang diutarakan Chris Johnson sudah menjadi pertimbangan hakim. Kathleen Ker menyatakan tidak merekomendasikan Grantham masuk penjara keamanan maksimum.

Sebelumnya, Mantan aktor cilik yang membintangi Diary of a Wimpy Kid (2010) itu mengaku menembak Barbara Waite (64) di belakang kepala saat dia bermain piano di townhouse mereka di Squamish, Vancouver.

Berdasarkan pernyataan jaksa, Grantham berencana pergi ke kediaman Trudeau di Rideau Cottage, tepat satu hari setelah membunuh ibunya.

Dilaporkan dari CBC, keterangan polisi juga menyebut Grantham telah menulis rencana pembunuhan Trudeau dalam buku hariannya.

[Gambas:Video CNN]



Ia mengendarai mobil dengan membawa tiga senjata beramunisi, 12 bom molotov, dan perlengkapan berkemah. Grantham juga mempersiapkan Google map dengan petunjuk arah ke kediaman PM Kanada.

Grantham lalu berkendara sekitar 200 kilometer ke timur menuju kota Hope di British Columbia, hingga akhirnya ia memutuskan putar balik.

Dalam persidangan sebelumnya, Grantham diketahui mengalami kesulitan dalam menangani kecemasan, kebencian diri, dan depresi. Ia juga mengaku sempat ingin bunuh diri atau melakukan kekerasan terhadap orang lain beberapa bulan menjelang pembunuhan ibunya.

Ryan Grantham memerankan karakter Jeffrey dalam Riverdale musim keempat. Ia tampil dalam satu episode, yakni episode 1 berjudul In Memoriam.

Grantham juga sempat membintangi sejumlah film hingga serial sebagai aktor cilik. Salah satunya Diary of a Wimpy Kid (2010) sebagai Rodney James.

Gif banner Allo Bank
(chri/chri)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER