7 Rekomendasi Film tentang Difabel dengan Cerita Menginspirasi

tim | CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 01:00 WIB
Berikut rekomendasi film tentang difabel dengan kisah inspiratif, bahkan beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata. Berikut rekomendasi film tentang difabel dengan kisah inspiratif, bahkan beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata. (Foto: Poke Prod via Imdb/Walk, Ride, Rodeo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menonton film tentang difabel bisa menjadi pilihan ketika Anda merasa hilang semangat. Kehadiran film tentang kaum difabel ini diharapkan dapat memotivasi penonton untuk lebih optimistis dan bersyukur menjalani hidup.

Hal tersebut tak terlepas dari perjuangan dan kegigihan yang ditampilkan para penyandang disabilitas dalam film-film ini. Keterbatasan tak lantas membatasi mereka untuk berkarya dan melakukan banyak hal.

Berikut rekomendasi film yang memotret tentang kehidupan kaum difabel yang bisa Anda tonton. Bahkan beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata. 


1. The Theory of Everything (2014)

The Theory of EverythingRekomendasi film tentang difabel, The Theory of Everything (Courtesy of Universal Pictures International/Liam Daniel)

The Theory Of Everything adalah film biografi dari kehidupan seorang fisikawan Inggris terkenal, Stephen Hawking. Berkat pengemasan cerita yang menarik, film ini berhasil ditayangkan di Festival Film Internasional di Toronto pada 2014.

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang jenius Stephen Hawking yang terkena penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) di usia 21. Meskipun didiagnosis penyakit berat, Stephen tidak berhenti meneruskan langkahnya menjadi pemikir ilmiah dan berperan dalam kemajuan sains.


2. Ray (2004)

Dibintangi pemenang penghargaan Oscar Jamie Foxx, Ray adalah film biografi yang memperlihatkan kehidupan penyanyi, penulis lagu dan musisi legendaris, Ray Charles.

Film ini menceritakan tentang Ray yang kehilangan penglihatannya di usia 7 tahun akibat penyakit glaukoma, dan butuh perjuangan besar untuk meyakinkan diri tentang bakat bermusiknya yang luar biasa.


3. Walk, Ride, Rodeo (2019)

Walk Ride Rodeo (2019)Rekomendasi film tentang difabel, Walk, Ride, Rodeo (Foto: Poke Prod via Imdb)

Film Walk, Ride, Rodeo merupakan cerita pengalaman nyata pembalap radeo barel Nasional Amerika, Amberley Snyder. Di usia 19 tahun, ia mengalami kecelakaan mobil yang mengakibatkan hancurnya tulang belakang sehingga membuatnya lumpuh dari pinggang ke bawah.

Meskipun divonis lumpuh oleh dokter, Amber tidak pernah menyerah dan terus berusaha melanjutkan karier berkudanya dan aktif berkompetisi kembali.

4. Crip Camp: A Disability Revolution (2020)

Rekomendasi film tentang difabel berikutnya berjudul Crip Camp, sebuah film dokumenter dari perusahaan produksi Barack dan Michelle Obama, Higher Ground Productions.

Film ini memperlihatkan sebuah kamp untuk kaum disabilitas, Camp Jened, yang menyambut kedatangan penyandang disabilitas baru pada 1950-1970-an di Catskills Amerika Serikat.


5. The Peanut Butter Falcon (2019)

Film 'The Peanut Butter Falcon' (dok. Roadside Attractions)Rekomendasi film tentang difabel, The Peanut Butter Falcon (dok. Roadside Attractions)

Peanut Butter Falcon merupakan film independen terlaris pada 2019 yang dibintangi oleh Shia LaBeouf dan Zack Gottsegen. Film bergenre drama komedi ini menceritakan tentang persahabatan, kesabaran, dan perjuangan mengejar mimpi.

Cerita bermula dari seorang pria yang mengidap down syndrome bernama Zak yang mengejar mimpinya menjadi seorang pegulat profesional.

Dalam perjalanannya, terdapat begitu banyak hal yang harus Zak alami dan hadapi, tetapi ia tetap pantang menyerah dan tetap teguh pada keyakinannya.


6. The Fundamentals of Caring (2019)

Diadaptasi dari buku populer karya Jonathan Evison, The Fundamental of Caring merupakan sebuah film drama komedi yang dibintangi oleh Paul Rudd, Craig Roberts, dan Selena Gomes.

Ditayangkan perdana di Sundance Film Festival 2016, film ini menyuguhkan tentang pergumulan seorang penulis yang mengalami kebuntuan alias writer's block.

Kemudian ia memutuskan menjadi seorang pengasuh seorang pemuda yang mengidap kelumpuhan akibat penyakit Duchenne Muscular Dystrophy.


7. A Quiet Place (2018)

A Quiet PlaceRekomendasi film tentang difabel, A Quiet Place (Foto: Paramount Pictures)

Film horor fiksi A Quiet Place yang dibintangi John Krasinski, Emily Blunt, dan Millicent Simmonds ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang menjalani kehidupan dengan keheningan dan mencoba bertahan hidup menggunakan pendengaran mereka.

Film ini menarik perhatian karena selain menampilkan tokoh tunarungu, mereka memasukan bahasa isyarat Amerika (American Sign Language/ASL) sebagai cara komunikasi antarpemain dalam filmnya.

Itulah rekomendasi film tentang difabel dengan cerita yang menginspirasi. Sudah menentukan film mana yang paling ingin Anda tonton?

(ira/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER