7 Film tentang Perjuangan Guru dalam Mengajar, Inspiratif dan Haru

CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 12:00 WIB
Guru adalah profesi yang tidak mudah. Hal tersebut digambarkan dalam film tentang perjuangan guru dalam mengajar. Simak daftar filmnya. Film tentang perjuangan guru, salah satunya Hichki (Foto: Yash Raj Films)
Jakarta, CNN Indonesia --

Guru adalah profesi yang tidak mudah untuk dijalani. Dibutuhkan kesabaran dan mental yang tangguh untuk menghadapi banyak murid dengan kepribadian yang beragam. Hal tersebut digambarkan dalam sejumlah film tentang perjuangan guru dalam mengajar.

Film-film tersebut tidak hanya menceritakan bagaimana perjuangan menjadi seorang guru. Namun juga memperlihatkan begitu besarnya peran seorang guru dan tanggung jawab mereka dalam mencerdaskan bangsa.

Untuk mengapresiasi peran dan tanggung jawab seorang guru, Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 25 November 1994 sebagai Hari Guru Nasional.

Berikut rekomendasi film tentang perjuangan guru yang dihimpun dari berbagai sumber yang bisa Anda tonton di Hari Guru Nasional. 

1. Dead Poet's Society (1989)

Dead Poet's Society (1989)Film tentang perjuangan guru, salah satunya Dead Poet's Society (Foto: Buena Vista Pictures)

Dead Poet's Society merupakan film tentang guru yang meskipun terbilang lawas tetapi seakan menjadi tontonan wajib setiap generasi.

Film ini bercerita tentang seorang guru bernama John Keating yang memiliki teknik mengajar yang unik. Namun, pola mengajar John Keating tersebut menuai kecaman dari pihak sekolah dan orang tua.

Kisahnya yang inspiratif membuat film ini berhasil memborong Penghargaan Oscar untuk kategori Skenario Asli dan juga nominasi Pemeran Utama Pria Oscar, Sutradara terbaik Oscar, dan Film Terbaik Oscar.

2. Taare Zameen Par (2007)

Dirilis tahun 2007, Taare Zameen Par merupakan film asal India tentang perjuangan seorang guru yang sayang untuk dilewatkan. Film ini juga mengkritik idealisme dan standar pendidikan serta menekankan pentingnya peran guru dan orang tua dalam pendidikan.

Taare Zameen Par menceritakan tentang seorang guru kesenian yang berusaha membantu salah satu muridnya yang mengalami kesulitan membaca dan menulis. Penonton akan dibuat terharu oleh perjuangan guru tersebut.

3. The Great Debaters (2007)

The Great Debaters merupakan film yang mengambil latar pada tahun 1935. Kala itu, isu mengenai rasis terhadap orang-orang berkulit hitam masih marak terjadi.

Seorang dosen bernama Melvin B. Tolson memberanikan diri untuk membentuk tim debat pertama di sekolahnya dan membantah pemikiran orang-orang bahwa tim debatnya tak sanggup menang melawan Harvard.

Film ini berhasil masuk Golden Globe sebagai Best Motion Picture Drama dan mendapatkan banyak penghargaan.

4. Sokola Rimba (2013)

sokola rimba (2013)Film tentang perjuangan guru, salah satunya Sokola Rimba (Foto: Visi Lintas Films)

Film tentang perjuangan guru berikutnya ini datang dari Indonesia berjudul Sokola Rimba. Fim ini diangkat dari kisah nyata Butet Manurung dalam perjuangannya mencerdaskan anak-anak di kedalaman hutan di Jambi seorang diri.

Ketulusan Butet tersebut berseberangan dengan kepercayaan masyarakat setempat yang meyakini kalau kemampuan membaca dan menulis hanya akan membawa petaka bagi kampung mereka. Namun, Butet tidak pantang menyerah dan terus mengajar.

5. Teacher's Diary (2014)

Beralih ke Thailand, terdapat film tentang guru yang dirilis tahun 2014 berjudul Teacher's Diary. Film ini menceritakan tentang perjuangan dua orang guru yang mengajar di daerah yang sangat terpencil.

Mereka berjuang untuk mengajari anak-anak nelayan yang sudah lama tidak terjamah pendidikan. Tak hanya inspiratif, film ini juga dibubuhi hal-hal kocak yang menghibur penontonnya.

6. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, film karya Garing Nugroho, didukung Yayasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto dan rumah produksi Pic[k]Lock Films.Film tentang perjuangan guru, salah satunya Guru Bangsa: Tjokroaminoto (Foto: Pic[k]Lock Films)

Guru Bangsa: Tjokroaminoto merupakan film yang mengisahkan perjuangan pahlawan nasional Tjokroaminoto dalam mencerdaskan bangsa Indonesia.

Sebagai seorang bangsawan yang memiliki kehidupan yang layak dan pendidikan yang memadai ia merasa sedih melihat kemiskinan dan kurangnya pendidikan. Hal itu membuatnya mendirikan sekolah rakyat untuk masyarakat biasa.

7. Hichki (2018)

Hichki merupakan film India yang mengisahkan tentang Naina yang mengidap sindrom Tourette. Hal tersebut membuatnya kerap mendapatkan penolakan saat melamar bekerja.

Namun ia tidak putus asa dan impiannya menjadi seorang guru pun terwujud. Di tengah keterbatasannya, Naina tidak hanya berupaya menjadi guru terbaik tetapi juga menjadi sosok yang diandalkan oleh murid-muridnya.

Itulah sejumlah rekomendasi film tentang perjuangan guru. Selamat Hari Guru Nasional!

(juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER