7 Rekomendasi Film untuk Tingkatkan Semangat Belajar

tim | CNN Indonesia
Senin, 28 Nov 2022 22:00 WIB
Semangat untuk menuntut ilmu bisa datang dari mana saja, salah satunya menonton rekomendasi film untuk tingkatkan semangat belajar. Rekomendasi film untuk tingkatkan semangat belajar, salah satunya The Man Who Knew Infinity (Foto: Warner Bros. Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menumbuhkan rasa semangat untuk menuntut ilmu bisa datang dari mana saja. Kamu juga bisa menonton salah satu dari sejumlah rekomendasi film untuk tingkatkan semangat belajar.

Selain dibintangi oleh aktris dan aktor yang sudah tidak perlu diragukan lagi aktingnya, film-film tersebut juga hadir dengan cerita yang menarik dan dapat memberikan motivasi untuk belajar.

Pilihan filmnya pun beragam, tak melulu dari Hollywood, ada juga dari Asia seperti Thailand dan Indonesia. Dengan demikian kamu memiliki beragam pilihan.

Berikut ini rekomendasi film untuk tingkatkan semangat belajar yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful MindRekomendasi film untuk tingkatkan semangat belajar, salah satunya A Beautiful Mind (Foto: www.abeautifulmind.com)

Diangkat dari kisah nyata, A Beautiful Mind merupakan film yang dapat memberikan kamu semangat untuk belajar matematika. Film ini berkisah tentang John Forbes Nash, seorang ahli matematika penyandang skizofrenia.

Meski kerap mengalami gangguan dan halusinasi, tetapi ia berusaha keras untuk menghadapinya sendiri dan dukungan dari sang istri. Film ini membuktikan bahwa ketekunan dan usaha yang gigih dapat membuat kita mampu melalui berbagai rintangan.

2. Taare Zameen Par (2007)

Beralih ke India, terdapat film berjudul Taare Zameen Par. Film ini menceritakan tentang seorang anak yang kesulitan belajar karena tidak dapat menghafalkan angka dan huruf.

Namun, di balik kekurangannya tersebut, ia memiliki sifat yang ceria, imajinatif, dan ekspresif. Film ini bisa menambah sudut pandang kita terhadap kekurangan dan kelebihan setiap anak.

3. Laskar Pelangi (2008)

Verrys Yamarno, pemeran Mahar di film Laskar PelangiRekomendasi film untuk tingkatkan semangat belajar, salah satunya Laskar Pelangi (Foto: Miles Production)

Dari Indonesia, ada film berjudul Laskar Pelangi yang dapat meningkatkan semangat belajar bagi para penontonnya. Film ini bercerita tentang seorang anak bernama Ikal yang hidup sederhana di Pulau Belitung.

Namun, sekolah tempat Ikal dan teman-temannya belajar terancam ditutup karena kekurangan murid. Film ini akan menunjukkan perjuangan anak-anak di Pulau Belitung untuk belajar dan tentunya perjuangan para gurunya.

4. 3 Idiots (2009)

3 Idiots merupakan film Bollywood yang menceritakan tentang kisah tiga orang mahasiswa jurusan teknik yang menjalani suka duka dunia perkuliahan bersama. Melalui film ini penonton akan diajak memahami arti pendidikan.

Film bergenre komedi tentang persahabatan dan perjuangan ini cocok ditonton untuk membangkitkan semangat belajarmu.

5. The Man Who Knew Infinity (2015)

The Man Who Knew InfinityRekomendasi film untuk tingkatkan semangat belajar, salah satunya The Man Who Knew Infinity (Foto: Warner Bros. Pictures)

The Man Who Knew Infinity merupakan film biopik tentang seorang matematikawan India bernama Srinivas Ramanujan. Ia lahir dan tumbuh besar di kota kecil di India.

Sampai akhirnya ia berhasil menjadi seorang mahasiswa di Cambridge University selama masa Perang Dunia I.

6. The Theory of Everything

The Theory of Everything merupakan film yang bercerita tentang kehidupan fisikawan terkenal dunia, Stephen Hawking. Meski sejak remaja Hawking mengalami penurunan kesehatan hingga membuatnya lumpuh, hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus belajar.

Sampai akhirnya, Hawking hanya dapat menggerakkan kepala dan tangan dan berada di kursi roda. Namun kekurangannya tersebut tidak membuat Hawking menyerah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

7. Bad Genius (2017)

Datang dari Thailand, ada film berjudul Bad Genius yang mengisahkan tentang sekelompok anak sekolah yang berusaha memanipulasi sistem seleksi penerimaan mahasiswa ke perguruan tinggi.

Melalui film ini, kita dapat mengambil pelajaran hidup bahwa setiap perbuatan selalu ada konsekuensinya. Film ini berhasil meraih berbagai penghargaan, baik di Thailand maupun di luar negeri, termasuk Amerika.

Itulah rekomendasi film untuk tingkatkan semangat belajar. Selamat menonton.

(juh/juh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER