Cerita Christian Sugiono Membangun Masa Depan Finansial

Ajaib | CNN Indonesia
Selasa, 22 Nov 2022 18:50 WIB
layanan investasi yang dia anggap cocok adalah Ajaib Prime, layanan eksklusif dari Ajaib Sekuritas untuk nasabah terpilih dalam mengelola keuangan. Christian Sugiono dalam Webinar Eksklusif Ajaib Prime. (Foto: Arsip Ajaib)
Jakarta, CNN Indonesia --

Christian Sugiono mengungkap, sebelum terjun ke industri hiburan dirinya merupakan entrepreneur dan merintis berbagai perusahaan teknologi. Kerja kerasnya di masa muda untuk meraih masa depan telah membentuk karakternya untuk membangun masa depan finansial yang kuat dan terus bertumbuh.

"Banyak yang berpikir saya adalah artis yang menjadi seorang entrepreneur, itu sebenarnya terbalik. Saya sudah memulai entrepreneurship sebelum dikenal orang sebagai publik figur," kata Christian Sugiono dalam Webinar Eksklusif Ajaib Prime dikutip Selasa (22/11).

Bahkan dia sudah mulai membuka usaha sejak 2004 silam dengan membuat perusahaan website and design development dengan partner saya di Indonesia.

"Sementara saya kuliah IT di Jerman," ujar Christian Sugiono.

Tian sapaan akrab Christian Sugiono pada 2006 balik ke Indonesia dan terjun ke dunia hiburan sambil melanjutkan bisnisnya. Dengan latar belakang pendidikan IT, Ia pun mendirikan berbagai startup seperti MBDC dan Cumi.id. Kesuksesannya dalam membangun karir dan perusahaan, membuat Tian juga belajar mengenai finansial.

"Saya mulai melek dengan uang dan bagaimana caranya mengelola uang," katanya.

Dunia investasi saham pertama kali Ia kenal pada 2006 lalu, di mana Tian mengalami kesulitan dalam membuka rekening untuk investasi di pasar modal untuk pertama kali. Pada 2008 terjadi market crash dan mengalami kerugian karena tidak adanya Relationship Manager yang membantunya dalam melakukan review portofolio sahamnya.

"Saya coba datang ke kantor sekuritas, ketemu orang dan menandatangani banyak dokumen. Ngobrol dengan fund manager dan ditawari berbagai produknya. Saat itu saya menilai tidak cocok karena banyak berhubungan dengan orang lain dan waktu itu saya lagi padat-padatnya shooting," kata pemain film Jomblo ini.

Christian Sugiono sempat kapok investasi saham dan membuat Ia mengalihkan investasi ke tempat lain. Ia lalu mencoba melakukan berbagai investasi dari properti, membuka restoran dan cafe, dan lainnya. Ada yang berhasil dan ada juga yang redup.

"Saya tipenya senang mencoba sesuatu. Ada investasi yang sukses dan ada juga yang berhasil. Kalau gagal tidak apa, setidaknya saya menghilangkan rasa penasaran kenapa tidak mencoba," kata pria keturunan Jerman ini.

Kemajuan teknologi membuat Ia kembali melirik investasi saham di Indonesia. Hadirnya perusahaan teknologi seperti Ajaib, membantu dirinya dan orang lain untuk mendapatkan akses dalam memulai investasi di pasar modal Indonesia secara online.

Menurutnya, fitur-fitur dan konten edukasi dari Ajaib membantu dirinya sebagai investor dalam membuat keputusan investasi dalam melalui genggaman smartphone.

"Sekarang enak sekali, cukup mendaftar melalui aplikasi, online dan simpel. Dalam 1x24 jam maka kita sudah bisa melakukan investasi di pasar saham," kata Tian.

Suami Titi Kamal ini menyadari, investasi harus dimulai sedini mungkin agar dapat bertumbuh di masa yang akan datang. Salah satu layanan investasi yang dia anggap cocok adalah Ajaib Prime, layanan eksklusif dari Ajaib Sekuritas untuk nasabah terpilih dalam mengelola keuangan sehingga tumbuh bersama di masa depan.

Tian melihat layanan Ajaib Prime yang hyper-personal, nyaman, dan mudah akan memungkinkan membuat portofolio investasi terus tumbuh maksimal. Seperti layanan personal dari Relationship Manager Ajaib Sekuritas sebagai layanan konsultasi portofolio saham, Laporan Realized Profit & Loss, tambahan Margin Trading 2.85x dari jaminan, hingga analisis eksklusif dan komprehensif dari Financial Expert Ajaib Sekuritas.

"Fasilitas yang diberikan oleh Ajaib Prime, selain sangat cocok dengan profil investasi saya, layanan Relationship Manager juga sangat bermanfaat untuk konsultasi mengenai portofolio investasi dan mendapatkan update terbaru mengenai situasi pasar saham," katanya.

Laporan performa investasi seperti laporan Realized Profit & Loss dapat membantunya menyesuaikan jangka waktu investasi dan mengambil keputusan investasi, agar dirinya dapat terus membangun masa depan dan mencapai kebebasan finansial untuk dirinya dan keluarga.

"Saya memperhatikan waktu kapan saya masuk untuk melakukan investasi dan keluar jika tujuan investasi telah tercapai. Saya tentukan tujuan investasi saya terlebih dahulu agar tidak melakukan investasi tanpa ujung, karena nanti akan greedy," katanya.

Di akhir sesi, Tian memberikan tips bagi orang yang ingin melakukan investasi saham. "Pedoman saya dalam memilih saham adalah dengan pelajari perusahaan yang ingin kita investasikan. Pelajari fundamental dan industri perusahaan tersebut bergerak dengan membaca berbagai berita di media," katanya.

(inh/inh)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER