9 Rekomendasi Film tentang Kawin Kontrak, Ada Trade Your Love

tim | CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 22:00 WIB
Berikut rekomendasi film tentang kawin kontrak. Film-film ini mengangkat soal lika-liku pasangan yang terlibat dalam perkawinan kontrak. Sejumlah film nyatanya mengangkat soal lika-liku pasangan yang terlibat perkawinan kontrak tersebut. (Foto: CGV Arthouse/Trade Your Love)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perkawinan adalah momen sakral saat pria dan wanita sudah sama-sama yakin untuk memutuskan membangun rumah tangga. Sayangnya, tidak semua perkawinan dilakukan atas dasar cinta dan keyakinan.

Sebab ada perkawinan yang berlangsung terpaksa, bahkan terikat perjanjian atau kontrak tertentu. Sejumlah film nyatanya mengangkat soal lika-liku pasangan yang terlibat perkawinan kontrak tersebut.

Film tentang kawin kontrak ini pun mengusung genre beragam, mulai dari romantis, komedi, hingga melodrama. Berikut rekomendasi film tentang pernikahan kontrak.

1. Wedding Agreement (2019)

Film Wedding Agreement (2019)Rekomendasi film tentang kawin kontrak Wedding Agreement (StarVision Plus via IMDb)

Film Indonesia Wedding Agreement arahan sutradara Archie Hekagery, mengisahkan Bian (Refal Hady) yang terpaksa menikah demi memenuhi keinginan ibunya yang sakit kanker.

Setelah menikah dengan Tari (Indah Permatasari), Bian memberi surat perjanjian bahwa pernikahan keduanya hanya berlaku 1 tahun sesuai isi kontrak yang telah ia buat.

Di sisi lain, Bian memiliki kekasih dan telah berpacaran selama 5 tahun. Meski harus kecewa, Tari mencoba ikhlas menerima keadaan dan hal ini juga berujung membuat Bian bimbang.


2. Trade Your Love (2019)

Disutradarai Park Soo Jin dkk, film Korea Selatan Trade Your Love mengawali kisah dari momen kencan buta antara Seong Suk (Kim Dong Wok) dan Hae Joo (Ko Sung Hee).

Seong Suk dan Hae Joo memiliki masalah sama, keduanya didesak untuk segera menikah oleh orang tua mereka masing-masing.

Berkat dari pertemuan di kencan buta, mereka berdua sepakat mengadakan pernikahan dengan masa kontrak sebagai pasangan suami istri selama 3 tahun.


3. Miseinen Dakedo Kodomo Janai (2017)

Rekomendasi film tentang kawin kontrak berikut ada Miseinen Dakedo Komodo Janai. Yaitu film Jepang garapan sutradara Tsutomu Hanabusa.

Nao Tsuguri (Kento Nakajima) adalah siswa populer di SMA. Ia mempunyai masalah finansial keluarga, dan berinisiatif meminta bantuan juniornya Karin Oriyama (Yuna Taira).

Meski keduanya tidak saling cinta, Karin justru bertindak menikahi Nao demi membantunya secara perekonomian. Namun, pernikahan kontrak mereka ini terancam diterpa masalah besar.


4. Talak 3 (2016)

Cerita dari film Talak 3 besutan Ismail Basbeth dan Hanung Bramantyo ini berfokus mengenai pasangan suami istri yaitu Risa (Laudya Cynthia Bella) dan Bagas (Vino G Bastian).

Risa dan Bagas sudah resmi bercerai. Tetapi, keduanya terlilit masalah tunggakan kredit rumah sehingga keadaan mereka jadi rumit. Jika harus menikah lagi, persyaratannya makin rumit.

Demi menyelesaikan masalah kredit rumah, Bagas merekayasa pernikahan kontrak untuk Risa dan sahabatnya yaitu Bimo (Reza Rahadian).


5. One Small Hitch (2012)

One Small Hitch merupakan film komedi romantis karya John Burgess. Di film ini, ayah Josh (Shane McRae) diceritakan sedang sakit keras dan sekarat.

Demi membahagiakan sang ayah sebelum meninggal, Josh meminta temannya Molly (Aubrey Dollar) supaya menjadi istrinya dan seakan-akan mereka sudah menikah.

Seiring waktu, mereka berdua menyimpan rasa cinta satu sama lain. Pernikahan kontrak itu berujung pada dua pilihan, berakhir begitu saja atau justru berlanjut ke tahap pernikahan yang sesungguhnya.


6. The Decoy Bride (2011)

Film tentang kawin kontrak The Decoy Bride, menceritakan tentang aktris Amerika yaitu Lara Tyler (Alice Eve) yang akan menikah dengan novelis Inggris James Neil (David Tennant).

Keduanya akan menikah di pulai terpencil di Skontlandia supaya tidak diketahui publik secara luas.

Demi memanipulasi awak media, James harus nikah pura-pura dengan Katie (Kelly Macdonald). Seteleh pernikahan kontrak itu, antara James dan Katie malah jatuh cinta.


7. The Proposal (2009)

The Proposal (2009)Rekomendasi film tentang kawin kontrak The Proposal (Foto: Touchstone Pictures via Imdb)

Film The Proposal arahan Anne Fletcher mengikuti kisah mengenai seorang pemimpin redaksi di perusahaan penerbitan buku New York, bernama Margaret Tate (Sandra Bullock).

Selama tinggal di New York, Amerika Serikat, Margaret menggunakan visa kerja karena dirinya berkebangsaan Kanada. Satu hari ia terancam dideportasi karena bermasalah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Margaret meminta asistennya Andrew (Ryan Reynolds) yang juga warga New York supaya menikahinya secara kontrak demi urusan visa.


8. Kawin Kontrak (2008)

Disutradarai Ody C. Harahap, tiga orang pemuda dalam film Kawin Kontrak ini terobsesi ingin melakukan hubungan seksual namun tidak mau mengalami risiko tinggi.

Ketiga pemuda itu adalah Jody (Ricky Harun), Dika (Herichan), dan Rama (Dimas Aditya). Supaya hasrat seksualnya tersalurkan, mereka bertiga ingin melakukan kawin kontrak.

Berkat bantuan Kang Sono (Lukman Sardi), ketiga pemuda itu dipertemukan dengan wanita-wanita desa yang sekiranya mau mengikuti ajakan kawin kontrak.


9. What Happens in Vegas (2008)

Rekomendasi film tentang kawin kontrak selanjutnya ada What Happens in Vegan besutan Tom Vaughan.

Joy (Cameron Diaz) dan Jack (Ashton Kutcher) terjebak dalam kesalahan sistem di daftar nama penghuni hotel, sehingga keduanya harus menginap di kamar yang sama.

Di sisi lain saat mereka mabuk berpesta, keduanya menandatangani kontrak pernikahan yang justru membuat masalah di antara mereka semakin rumit.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER