Mataram Islam Jadi Tema Dekorasi Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 20:40 WIB
Dekorasi upacara ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung akan mengangkat tema Mataram Islam. Dekorasi upacara ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung akan mengangkat tema Mataram Islam. (Foto: CNN Indonesia/ Tunggul)
Solo, CNN Indonesia --

Dekorasi upacara ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan mengangkat tema Mataram Islam. Dekorasi upacara tersebut akan dikerjakan oleh Asmoro Decoration.

Ranu Asmoro selaku pemilik Asmoro Decoration menjelaskan tema tersebut dipilih lantaran Mataram Islam merupakan cikal bakal dari Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

"Mempelai ini 'kan dari Solo dan Yogyakarta ya. Jadi, secara garis besar untuk tema artistik yang kami angkat yang sudah di-approve sama keluarga Bapak (Jokowi) itu adalah Mataram Islam," kata Ranu saat ditemui di Workshop Asmoro Decoration, Selasa (29/11).

Selain itu, Pandji Vasco Da Gama selaku Art Director Asmoro Decoration mengatakan tema Mataram Islam akan ditonjolkan lewat ornamen mrajak sewu yang berbentuk punden. Ornamen tersebut dibalut dengan daun jati di empat sisinya.

"Di-cover dengan daun jati yang kita imajinasikan sebagai daun jati dari Alas Donoloyo," kata Pandji.

Untuk diketahui, alas Donoloyo merupakan hutan jati di Kabupaten Wonogiri yang disakralkan oleh Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Di bagian atas punden akan ditancapkan bilah-bilah bambu dengan cabai merah di bagian ujungnya. Hiasan inilah yang biasa disebut dengan mrajak sewu.

"Kemudian mrajak sewu bambu dan lombok itu sebagai identifikasi dari sebuah hajatan di mana kita memohon kepada alam agar mendukung semua kegiatan ini," jelas Pandji.

Di sekeliling cabai merah tersebut tertata setumpuk cengkir (kelapa kecil) berwarna kuning gading yang biasa ditemui upacara pernikahan adat Jawa.

"Cengkir Gading itu adalah sebuah filosofi di mana kencenge pikir (berpikir kencang) bahwa ini sebuah kegiatan yang memang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh," kata Pandji.

Tak hanya mrajak sewu, pelaminan yang akan diduduki Kaesang dan Erina juga akan dihiasi dengan berbagai ornamen khas Surakarta dan Yogyakarta. Pandji mengatakan ciri khas Yogyakarta akan ditonjolkan melalui ornamen bunga dan tanaman.

"Jogja itu floranya itu lebih simpel. Kalau ukiran Surakarta 'kan Lebih detail untuk hewan-hewannya," kata Pandji.

3D Dekor Ngunduh Mantu Kaesang ErinaDekorasi pelaminan ngunduh mantu Kaesang-Erina. (Foto: Asmoro Decoration)
Gif banner Allo Bank

Lanjut ke sebelah...

Mataram Islam Jadi Teman Dekorasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER