Animator Aang Curhat Efek Hak Cipta Avatar Dipegang James Cameron

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 07 Des 2022 20:00 WIB
Animator Aang menceritakan dampak dari James Cameron memegang hak cipta judul Avatar terhadap serial The Last Airbender. Animator Aang menceritakan dampak dari James Cameron memegang hak cipta judul Avatar terhadap serial The Last Airbender. Foto: (Nickelodeon/ Twentieth Century Fox via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Animator serial Avatar: The Last Airbender Giancarlo Volpe buka suara mengenai judul mereka yang serupa dengan film karya James Cameron. Ia mengaku awalnya serial animasi tersebut hanya akan berjudul Avatar.

Namun, hal tersebut tidak dapat dilakukan sebab sutradara James Cameron sudah lebih dulu memegang hak cipta atas judul "Avatar" meski film tersebut tayang empat tahun setelah The Last Airbender.

"Pada 2004 kami mengetahui harus mengubah nama acara dari Avatar menjadi Avatar: The Last Airbender karena James Cameron sudah memiliki hak atas film berjudul Avatar," tulis Volpe di Twitter, Senin (5/12).

Dalam cuitan yang sama, Volpe juga menyinggung judul sekuel Avatar karya James Cameron yang memasukkan unsur-unsur alam, seperti air.

Volpe mengacu pada elemen air yang memainkan peran penting dalam serial animasi dan sekarang jadi inti sekuel film Cameron.

"Sekarang sekuelnya berjudul The Way of Water. Kalau film ketiga dikasih judul "The Firebending Masters" kami ribut," cuitnya.



Meski tak tayang lebih awal, James Cameron mulai mengembangkan Avatar sejak 1994. Dia menuliskan kisah film tersebut sebanyak 80 halaman dan mengumumkan bakal mengarahkan pembuatan Avatar pada 1996, setelah Titanic.

Namun, film tersebut tak bisa dirilis lebih awal karena teknologi penangkapan gerak kala itu tidak berkembang secepat yang diharapkan Cameron. Avatar pun akhirnya baru rilis pada 2009 dan hak cipta judul dipegang Cameron.

Cameron selalu mempertahankan hak atas judul itu, sehingga Nickelodeon menambahkan "The Last Airbender" untuk serial animasi yang hit hingga kini.

Kedua waralaba Avatar sekarang bersiap untuk comeback besar. Cameron akan kembali dengan film terbarunya, Avatar: The Way of Water yang akan tayang 16 Desember secara global atau sekitar 13 tahun dari film pertamanya.

The Way of Water akan diikuti setidaknya satu sekuel lagi, Avatar 3. Jika performa box office tersebut memuaskan, Cameron akan mewujudkan rencananya membuat Avatar 4 dan Avatar 5.

Sedangkan untuk Avatar: The Last Airbender, waralaba itu juga akan menghadirkan film animasi pertamanya di bioskop pada 10 Oktober 2025.

Film yang akan dirilis dari Paramount Pictures ini adalah proyek pertama Avatar Studios yang baru dibuat. Avatar Studios dibuat kreator serial orisinal Michael DiMartino dan Bryan Konietzko dengan tujuan memperluas semesta The Last Airbender dan sekuelnya The Legend of Korra.

[Gambas:Video CNN]



(Tim/chri)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER