Erina Mulai Prosesi Siraman dengan Pasang Bleketepe

CNN Indonesia
Jumat, 09 Des 2022 09:48 WIB
Prosesi siraman Erina Sofia Gudono resmi dimulai di kediaman keluarga Gudono di Dusun Purwosari, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Jumat (9/12). Prosesi siraman Erina Sofia Gudono resmi dimulai di kediaman keluarga Gudono di Dusun Purwosari, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Jumat (9/12). ( Bridestory)
Yogyakarta, CNN Indonesia --

Prosesi siraman Erina Sofia Gudono resmi dimulai di kediaman keluarga Gudono di Dusun Purwosari, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Jumat (9/12). Acara tersebut dibuka dengan upacara majang tarup berisi pemasangan bleketepe dan tuwuhan.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, rangkaian prosesi siraman Erina berlangsung secara tertutup hanya untuk keluarga dan tamu undangan.

Meski demikian, wartawan diberi akses untuk menyaksikan tayangan prosesi melalui live streaming di gedung serba guna Dusun Purwosari.

Pemasangan bleketepe dan tuwuhan dilakukan oleh Sofiatun Gudono selaku ibu Erina, didampingi saudara kandungnya yakni Allen, Nadya, dan Shania Gudono.

Allen Gudono tampak mengenakan surjan ontrokusuma dengan warna dasar putih serta mengenakan blangkon. Nadya dan Shania Gudono juga mengenakan kebaya ontrokusuma, sementara sang ibunya memakai kebaya berwarna hijau dengan brokat bermotif dan tudung.

Pemasangan bleketepe di rumah Erina, Jumat (9/12).Prosesi siraman Erina Sofia Gudono resmi dimulai di kediaman keluarga Gudono di Dusun Purwosari, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Jumat (9/12). (CNN Indonesia/Muhammad Feraldi)

Ibunda dan saudara kandung Erina kemudian melakukan pemasangan bleketepe di utara rumah mereka, dilanjutkan dengan pemasangan tuwuhan berupa padi-padi.

Pemasangan bleketepe di kediaman keluarga calon mempelai menjadi simbol dari penyucian lokasi. Selain itu, bleketepe ini juga memiliki makna untuk tolak bala.

Dengan adanya bleketepe itu, diharapkan sepanjang upacara pernikahan itu berjalan lancar dan terhindar dari hal jahat. Itu juga penanda bahwa di rumah itu akan ada hajatan besar.

Sementara tuwuhan sendiri merupakan simbol permohonan kepada Tuhan sekaligus harapan orang tua kepada pengantin untuk segera bisa membangun keluarga yang penuh berkah.

Rencananya, setelah pemasangan bleketepe dan tuwuhan, Erina Gudono akan melakukan prosesi siraman dengan air yang berasal dari sejumlah lokasi.

Air siraman Erina disebut terdiri dari Air zam-zam, air dari Masjid Kraton Yogyakarta, Ndalem Pura Paku alaman, rumah ibu Gudono, Pura Mangkunegara, kediaman Joko Widodo, dan Masjid Raya Syekh Zayed Surakarta.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan berlangsung di dua kota, Yogyakarta sebagai rumah dari calon mempelai perempuan, dan Solo sebagai rumah dari calon mempelai pria.



Kakak Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono, akan menjadi wali nikah. Sementara itu, saksi pernikahan mereka adalah Mensesneg Pratikno untuk pihak Erina dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk pihak Kaesang.

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin akan berlaku sebagai khatib nikah Kaesang dan Erina. KUA Kecamatan Depok, Sleman juga dilibatkan dalam pernikahan tersebut.

Kaesang sebelumnya juga telah mengungkapkan bahwa ia menyiapkan mahar berupa seperangkat alat salat serta uang tunai Rp300 ribu.

Kemudian prosesi puncak berupa ngunduh mantu, kirab dan pesta rakyat, serta tasyakuran akan dilangsungkan di Solo pada Minggu (11/12). Prosesi ini akan ditayangkan di sejumlah televisi nasional, termasuk CNN Indonesia TV.

(frl/end)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER