10 Soundtrack Film Horor yang Bikin Merinding dan Susah Tidur

CNN Indonesia
Rabu, 18 Jan 2023 22:00 WIB
Soundtrack film horor bisa bikin orang yang mendengarkannya merasa merinding. Simak daftar lagunya berikut ini. Soundtrack film horor, salah satunya lagu Tubular Bells di film The Exorcist (Dok. Warner Bros Pictures via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Soundtrack merupakan lagu pengiring dalam film yang dapat membangun suasana, termasuk untuk film bergenre horor. Tak heran, kalau soundtrack film horor bisa bikin orang yang mendengarkannya merasa merinding.

Dalam film, soundtrack merupakan bagian yang cukup penting dan menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih dalam flm horor, music scoring dan soundtrack yang sesuai bisa membuat penontonnya turut merasakan momen mencekam.

Bahkan lagu atau musik pengiring dalam film horor juga dapat terus terngiang sejak pertama kali mendengarkannya. Rasa takut pun terus terbawa dan mungkin membuat Anda sulit tidur karena terbayang sosok seram.

Berikut ini sejumlah soundtrack film horor yang bisa bikin merinding bahkan mungkin sulit tidur.

1. Boneka Abdi - Danur

Danur 2Soundtrack film horor, salah satunya lagu Boneka Abdi di film Danur (Dok. MD Pictures via youtube)

Lagu Boneka Abdi merupakan soundtrack dari film horor Indonesia berjudul Danur. Lagu yang dinyanyikan oleh Prilly Latuconsina ini merupakan gubahan dari lagu Jerman berjudul Hänschen klein.

Lagu ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang berkelana dan kembali ke rumah untuk bertemu keluarganya. Lagu ini cukup mendunia dan kerap dipakai di sekolah-sekolah dalam pelajaran bernyanyi.

2. Ivanna - Danur

Selanjutnya adalah soundtrack dari film horor sekuel Danur, yakni Danur 2: Maddah, berjudul Ivanna. Lagu yang dinyanyikan oleh Risa Sarasvati ini diaransemen ulang dari lagu lamanya.

Ivanna merupakan lagu yang terdengar mencekam dengan denting piano. Lagu ini bisa bikin orang yang mendengarkannya merasa merinding.

3. In Heaven (Lady in The Radiator) - Eraserhead

Berikutnya adalah lagu berjudul In Heaven (Lady in The Radiator) yang merupakan soundtrack dari film berjudul Eraserhead. Lagu yang dinyanyikan oleh Laurel Near ini bercerita tentang surga.

Dalam lagu ini, suara Laurel terdengar lembut tetapi menimbulkan nuansa horor yang bikin pendengar merasa tak nyaman.

4. Kelam Malam - Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan.Soundtrack film horor, salah satunya lagu Kelam Malam di film Pengabdi Setan (Dok. Rapi Films)

Dinyanyikan oleh Aimee Saras, Kelam Malam merupakan lagu yang menjadi soundtrack dari film Pengabdi Setan. Lagu bernuansa 1960-an ini memiliki lirik dan musik yang klasik dan menyeramkan.

5. Lingsir Wengi - Kuntilanak

Lagu berjudul Lingsir Wengi ini pasti sudah tak asing lagi karena dianggap sebagai lagu pemanggil setan. Lagu ini dinyanyikan Julie Estele dalam film Kuntilanak.

Lingsir Wengi sendiri sebenarnya bukanlah lagu pemanggil setan melainkan lagu untuk mengusir atau menolak bala dari makhluk gaib yang mengganggu.

6. Selamat Malam - Malam Satu Suro

Soundtrack film horor berikutnya adalah lagu berjudul Selamat Malam yang merupakan soundtrack dari film lawas berjudul Malam Satu Suro.

Sekilas, lagu ini tidak terdengar menakutkan, tetapi lirik dan nuansa klasik yang dihadirkan bisa bikin pendengarnya merinding.

7. Senandung - Demona

Senandung merupakan lagu yang dinyanyikan oleh Riani Sovana untuk soundtrack film berjudul Demona. Lagu ini menyuguhkan kengerian sejak awal mendengarkannya.

8. Tiptoe Through The Tulips - Insidious

Insidious: Chapter 2 (2013)Soundtrack film horor, salah satunya lagu Tiptoe Through The Tulips di film Insidious (Arsip FilmDistrict via IMDb)

Tiptoe Through The Tulips merupakan lagu yang dibawakan oleh Tiny Tim pada tahun 1968. Kesan seram yang melekat pada lagu lawas ini muncul saat salah satu adegan dalam film horor Insidious menggunakannya sebagai soundtrack.

9. Lullaby - Rosemary's Baby

Lullaby merupakan lagu yang dinyanyikan oleh Krzysztof Komeda dan menjadi salah satu soundtrack film horor berjudul Rosemary's Baby. Lagu ini dinyanyikan sebagai pengantar tidur anak.

Namun, jika didengarkan dengan saksama, lagu tersebut memiliki kesan yang horor.

10. Tubular Bells - The Exorcist

Berbeda dengan yang lainnya, lagu berjudul Tubular Bells ini tidak memiliki nada yang sendu. Namun, lagu beraliran progresif rock instrumental ini cukup menyeramkan sebagai soundtrack film horor lawas The Exorcist.

Itulah soundtrack film horor yang bisa bikin bulu kuduk merinding dan susah tidur.

(juh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER