Michelle Yeoh, Aktris Asia Pertama Raih Nominasi Best Actress Oscar

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 07:08 WIB
Michelle Yeoh mendapatkan nominasi Piala Oscar pertama dan menjadi aktris berdarah Asia pertama yang mendapatkan nominasi Best Actress. Michelle Yeoh mendapatkan nominasi Piala Oscar pertama dan menjadi aktris berdarah Asia pertama yang mendapatkan nominasi Best Actress. (AGBO Production via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Michelle Yeoh mendapatkan nominasi Piala Oscar pertamanya untuk kategori Best Actress berkat perannya di film Everything Everywhere All at Once sebagai Evelyn Wang.

Tidak hanya itu, Yeoh menjadi aktris Asia pertama yang mendapatkan nominasi tersebut sepanjang sejarah Academy Awards.

"Saya rasa, apa arti [nominasi] itu kepada saya adalah semua orang Asia di luar sana berkata, 'Lihat 'kan, itu mungkin terjadi. Jika dia bisa melakukannya, saya juga bisa'," kata Michelle Yeoh usai pengumuman nominasi Oscar 2023 kepada Deadline, Selasa (24/1).

"Itu hal yang paling penting. Saya biasa saja. Hanya saja saya bekerja sangat keras. Ada banyak aktris dan aktor di luar sana yang mengetahui bahwa mereka memiliki kesempatannya. Yang harus mereka lakukan adalah mencari kesempatan dan meraihnya," lanjut aktris asal Malaysia itu.

Meski demikian, Michelle Yeoh juga mengaku sempat merasa ketakutan jika tidak masuk dalam nominasi Best Actress untuk Oscar 2023. Karena, menurutnya, ia merasa orang lain menaruh harapan padanya terhadap nominasi tersebut.

Selain itu, ia juga merasa bahwa ini adalah kesempatan bagi para pelaku industri perfilman yang memiliki darah Asia bahwa mereka patut diperhitungkan dalam industri.

"Saya sangat ketakutan, duduk di sana berpikir bagaimana jika saya tidak dinominasikan? Bagaimana dengan orang-orang yang berharap dan menggantungkan harapan serta aspirasinya kepadamu, dan mengatakan bahwa kami seharusnya ada di sana?" tutur Yeoh.

"Dan saya memahami perlunya orang Asia kita untuk berkata, 'Kami membutuhkan ini,' karena itu memvalidasi bahwa kami layak mendapat tempat dan layak menjadi bagian dari semua ini," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



Michelle Yeoh tidak sendirian merepresentasikan Asia dalam nominasi Piala Oscar tahun ini. Sesama rekan aktornya dalam Everything Everywhere All at Once, yaitu Ke Huy Quan dan Stephanie Hsu, juga turut dinominasikan sebagai Best Supporting Actor dan Best Supporting Actress.

Selain mereka, Hong Chau pun turut dinominasikan sebagai Best Actress berkat perannya dalam film The Whale. Begitu pula dengan sutradara Domee Shi yang filmnya, berjudul Turning Red, masuk nominasi Best Animated Feature Film.

Sementara itu, Michelle Yeoh akan bertarung melawan empat aktris lain dalam kategori Best Actress. Ia berhadapan dengan Cate Blanchett dalam film Tar, Ana de Armas dalam Blonde, Andrea Riseborough dalam To Leslie, dan Michelle Williams dalam The Fabelmans.

(pra)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER